Kalsel

60 Panwascam Banjar Dilantik, Berikut Daftar Namanya

apahabar.com, MARTAPURA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banjar resmi melantik 60 Panwascam dalam rangka Pilkada…

Featured-Image
Pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota panitia pengawas pemilihan kecamatan se kabupaten Banjar dalam rangka Pilkada 2020. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

bakabar.com, MARTAPURA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banjar resmi melantik 60 Panwascam dalam rangka Pilkada 2020.

Pelantikan dilaksanakan di Wisma Sultan Sulaiman Martapura, Senin (30/12) sore.

Sebanyak 60 Panwascam yang direkrut lewat seleksi secara daring itu didominasi oleh pria.

“Kami akui keterwakilan perempuan tidak sampai 30 persen, tetapi 60 orang terpilih ini kami anggap yang terbaik,” ucap Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar, Fajeri Tamdjidillah kepada awak media usai pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota Panwascam.

Seperti diketahui, pelaksanaan rekrutmen panwascam melalui seleksi secara daring ini baru pertama kali digelar oleh Bawaslu. Menurut Fajeri, dari proses seleksi pendaftar perempuan memang terbilang sedikit.

“Bukan berarti kita mengabaikan peserta perempuan, tapi memang pendaftar yang ada kurang dari itu,” jelasnya

Tugas kepengawasan tidaklah mudah. Potensi kecurangan akan jauh lebih besar tiap tahunnya. Karena itu, diperlukan tenaga-tenaga yang handal dalam melaksanakan pengawasan serta totalitas terhadap pekerjaannya.

Sebagaimana arahan Bawaslu pusat. Seleksi panwascam terbagi atas 30 persen tes secara daring dan 70 persen sesi wawancara. Porsi pembagian ini untuk memastikan kesiapan calon panwascam terhadap kemampuan, pengetahuan serta pengalaman mereka tentang kepemiluan.

“Mungkin saja mereka pintar secara pengetahuan tetapi tidak siap mengawasi di lapangan. Itulah yang ditekankan ketua Bawaslu RI,” bebernya

Dari ratusan pendaftar, panwascam terpilih juga didominasi wajah lama.

Dibeberkan Fajeri, 80 persen berasal dari tenaga pengawas lama dan hanya 20 persen diisi anggota baru.

“Panwascam terdahulu tentunya sudah punya kemampuan dan pengetahuan tentang pengawasan. Tapi nanti yang baru pun akan kita lakukan peningkatan kapasitas, karena tantangannya akan berbeda,” ungkapnya

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota panwascam ini turut dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Banjar di antaranya Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Banjar, Aslam, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, H Masruri, dan Ketua DPRD Banjar, Muhammad Rofiqi.

Berikut daftar nama 60 Panwascam Kabupaten Banjar yang baru dilantik sore tadi, di mana 9 di antaranya perempuan dan 51 laki-laki:

HALAMAN
1234


Komentar
Banner
Banner