Kalsel

Sepekan Lagi Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Akan Beroperasi

apahabar.com, BANJARBARU – Terminal baru Bandara Syamsudin Noor ditargetkan beroperasi Jumat (15/11) akan datang. Namun, hingga…

Featured-Image
Progres terkini Proyek Pengembangan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, di Banjarbaru. Foto-Humas Satker Proyek Pengembangan Bandara Syamsudin Noor (PPBDJ).

bakabar.com, BANJARBARU – Terminal baru Bandara Syamsudin Noor ditargetkan beroperasi Jumat (15/11) akan datang. Namun, hingga H-7 masih ada sejumlah pekerjaan yang belum rampung.

“Tapi, hanya pekerjaan kecil yang belum selesai. Kami targetkan, 12 November atau empat hari lagi semuanya sudah selesai,” ujar Project Manager Pengembangan Bandara Syamsudin Noor, Dadang Dian Hendiana kepada bakabar.com, Jumat (9/11).

“(Seperti) Plafon hanya sisa sedikit yang belum dipasang, lalu AC dan instalasi listrik. Jadi, paling banyak hanya berupa pekerjaan finishing,” tegasnya.

Meski belum rampung seluruhnya, dia mengklaim saat ini sudah 95 persen total progres pengembangan Bandara Syamsudin Noor.

“Beberapa fasilitas sudah banyak yang dipasang, seperti bangku di ruang tunggu, perlengkapan di toilet hingga lima garbarata,” sebut Dadang.

Sehingga memungkinkan pada 15 November mendatang untuk dilakukan soft launching.

“Kami optimis pada hari itu semua fasilitas sudah siap,” ungkapnya.

Dia memastikan sisi fasilitas sudah siap, tinggal bagaimana kesiapan pihak bandara dan hasil verifikasi dari Direktorat Keamanan Penerbangan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) nanti.

Dadang juga mengungkapkan, sejak 5 hingga 8 November 2019 kemarin Direktorat Keamanan Penerbangan sudah memverifikasi Bandara Syamsudin Noor untuk memastikan bahwa bangunan terminal, bangunan penunjang beserta fasilitas dan perangkat di dalamnya telah aman serta layak.

“Selain itu melalui verifikasi ini, akan diketahui apakah terminal baru telah memenuhi standar regulator dan siap untuk dioperasionalkan atau tidak," terang Dadang.

Sehingga saat ini, pihaknya masih menunggu hasil verifikasi dan catatan dari Kemenhub yang nantinya akan ditindaklanjuti dan dipenuhi oleh Angkasa Pura I sebagai operator bandara.

“Jadi kita tunggu saja bagaimana nanti hasil verifikasinya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Komunikasi dan Legal Bandara Syamsudin Noor, Aditya Putra Patria menyampaikan, pihaknya belum bisa memastikan terminal baru Bandara Syamsudin Noor akan beroperasi pada 15 November. Pasalnya, semua keputusan ada di PT Angkasa Pura I di pusat.

“Kalau dari kami, kita tunggu pengumuman resmi dari pusat saja Mas,” papar Adit.

Diwartakan sebelumnya Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Republik Indonesia, Febry Calvin Tetelepta, saat berkunjung ke lokasi proyek pengembangan Bandara Syamsudin Noor bersama Gubernur Kalsel Sahbirin Noor pada 10 Oktober 2019 mengatakan, terminal baru bandara bakal dibuka pada pekan kedua bulan November.

“Setelah itu pada awal Desember bandara kemungkinan diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo,” tandasnya.

Baca Juga: Sidak DPRD Kalsel, Proyek Bandara Syamsudin Noor Sudah 89 Persen

Baca Juga: Desember, Jokowi Digadang Resmikan Operasional Bandara Syamsudin Noor Internasional

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner