Kalsel

Pantai Hambawang Diamuk Puting Beliung, 23 Bangunan Rusak

apahabar.com, MARABAHAN – Tidak kurang 23 bangunan di Desa Pantai Hambawang, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala…

Featured-Image
Salah satu rumah warga di Desa Pantai Hambawang yang diterjang angin puting beliung, Minggu (17/11). Foto-Istimewa

bakabar.com, MARABAHAN – Tidak kurang 23 bangunan di Desa Pantai Hambawang, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala mengalami kerusakan akibat terjangan angin puting beliung, Minggu (17/11).

Bencana tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 Wita, berbarengan dengan hujan deras yang mengguyur dan disertai petir.

Dari 23 bangunan yang mengalami kerusakan, 1 di antaranya rusak total, 4 rusak berat dan sisanya rusak ringan, termasuk atap SDN Pantai Hambawang di RT 04 RW 02.

Satu-satunya rumah yang diidentifikasi mengalami kerusakan total adalah milik Saiyah di RT 05 RW 02. Diperkirakan kerugian yang dialami Saiyah mencapai Rp50 juta.

Sementara 4 rumah yang mengalami kerusakan berat masing-masing milik Lamsi, Sahnen, Jaddar dan Sultani, kesemuanya berada di RT 03 RW 01.

Kerugian yang dialami Lamsi diperkirakan mencapai Rp40 juta, Sahnen Rp20 juta, Jaddar Rp30 juta dan Sultani Rp5 juta.

Kerusakan ringan meliputi 3 rumah di RT 02 RW 01, kemudian 2 rumah di RT 05 RW 02, serta 10 rumah di RT 03 RW 01.

“Kejadian ini sudah dilanjutkan kepada Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Kuala untuk penanganan lebih lanjut,” jelas Dahtiar Fajar, Camat Mandastana.

Selain Pantai Hambawang, kerusakan akibat puting beliung di Kecamatan Mandastana juga merusak 7 rumah di Desa Puntik Tengah, 3 rumah di Desa Bangkit Baru dan 2 rumah di Tabing Rimbah.

Baca Juga: Hujan Disertai Angin Puting Beliung Landa Dua Desa di Balangan

Baca Juga: Batola Kembali Diamuk Puting Beliung

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner