Sport

Paman Birin Cup U-12, Ajang Pesepak Bola Usia Dini

apahabar.com, BANJARBARU – Turnamens sepak bola Paman Birin Cup U-12 resmi digelar, Sabtu (23/11). Ajang yang…

Featured-Image
Tendangan penalti Kadispora Kalsel, Hermansyah menandari diresmikannya Paman Birin Cup U 12, di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru, Sabtu (23/11) pagi. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah.

bakabar.com, BANJARBARU – Turnamens sepak bola Paman Birin Cup U-12 resmi digelar, Sabtu (23/11). Ajang yang dihelat di Lapangan Murjani, Banjarbaru, tersebut diikuti oleh 64 tim Sekolah Sepak Bola (SSB) se Kalimantan Selatan.

Turnamen yang dilaksanakan selama 5 hari ini bertujuan untuk membudayakan sepak bola di Kalsel, sekaligus mencari bibit unggul pesepak bola usia dini yang akan dibina ke jenjang berikutnya.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor melalui Kadispora Hermansyah mengaku bersyukur melihat besarnya animo masyarakata terhadap turnamen Paman Birin Cup U 12.

“Pesertanya luar biasa banyak. Dengan antusisme ini artinya pembinaan usia dini di Kalsel selama ini sangat baik,” ungkapnya kepada para wartawan saat ditemui seusai membuka kegiatan.

Dia berharap turnamen ini dapat pula menumbuh menumbuhkan jiwa sportif dan semangat berkompetisi bagi anak usia dini.

“Pembinaan olahraga kita semakin baik, khususnya di bidang olahraga sepakbola. Serta mencari bibit unggul, demi kebangkitan sepakbola di Kalsel,” paparnya.

Dipilihnya Banjarbaru sebagai lokasi turnamen ini karena dinilai sebagai barometer pembinaan sepakbola usia dini di Kalsel.

“Berdasarkan data inventarisasi di Dispora Kalsel, paling banyak pendidikan olahraga usia dini ada di Banjarbaru. Selain itu, sarana dan prasarana olahraga juga memadai, seperti di Lapangan dr Murjani ini,” tegasnya.

Selain di Banjarbaru, Hermansyah mengungkapkan tahun depan turnamen ini juga dapat digelar di sejumlah kab/kota di Kalsel.

“Rencananya mau digelar di Tanah Laut, Tabalong, atau bahkan Kabupaten Kotabaru. Agar pembinaan sepakbola tidak hanya tersentrasliasai di Kota Banjarbaru saja” ungkapnya.

Dia meminta Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (Fossbi) Kalsel dapat menginventarisir para juara dan anak-anak usia dini yang punya telenta untuk dikembangkan.

“Agar bisa menjadi kesebelasan usia dini, ini nantinya menjadi cikal bakal para pemain sepakbola profesional di Kalsel. Akan terus kita bina, sehingga nantinya bisa bersaing di ajang Nasional,” tutupnya.

Baca Juga:Kesebelasan HST Juarai Paman Birin Cup 2019

Baca Juga:Final Biliar Paman Birin Cup 2019 Berlangsung Sengit

Reporter : Nurul Mufidah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner