Kalsel

Ngopi bareng MHM: Hilirisasi Kunci Utama Bisnis

apahabar.com, BANJARMASIN – Era kini, hilirisasi bisnis jadi kunci dalam menjaga stabilitas usaha di tengah persaingan….

Featured-Image
Mardani saat Ngopi Bareng di Cafe Rumah The Panasdalam Banjarmasin, Senin malam. Mardani berbagi seputar rahasia sukses berbisnis. apahabar.com/Rizal Khalqi

bakabar.com, BANJARMASIN – Era kini, hilirisasi bisnis jadi kunci dalam menjaga stabilitas usaha di tengah persaingan.

Hal itu dirasakan benar oleh Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Mardani H Maming.

“Ini perlu adanya bisnis dari hulu ke hilir agar terbentuknya kesempurnaan bisnis,” beber Mardani saat Ngopi Bareng di Cafe Rumah The Panasdalam Banjarmasin, Senin (4/11) malam.

Proses kesempurnaan itu, kata dia, dijamin tak akan menggoyahkan stabilitas bisnis. Walau, persaingan usaha di era sekarang sangat ketat.

“Meskipun jenis usaha yang sama banyak bermunculan, tapi kesempurnaan bisnis itu menjadikan usaha tetap bertahan,” tegasnya.

Sebagai contoh, ia telah melakukan proses hilirisasi bisnis di sektor pertambangan. Kala itu, ia hanya sebagai pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP). Baru kemudian, merambah di sektor penyewaan alat berat.

“Kita bukan hanya bisa memakai untuk usaha kita sendiri, tapi juga bisa direntalkan kepada orang lain,” katanya.

Tak hanya itu, Mardani juga melebarkan bisnis ke perusahaan holding dan pelabuhan. Sukses menekuni bisnis, eks Bupati Tanah Bumbu dua periode mencoba bisnis di sektor pertambangan nikel.

“Semua itu saya lakukan melalui proses meniru orang-orang sukses. Saya mencoba meniru dari PT Arutmin Indonesia dan PT Adaro Indonesia,” tegasnya.

“Siapa yang bertahan dan fokus itu yang akan sukses. Apalagi kesempatan anak muda untuk sukses sangat besar,” tandasnya.

Saat ini ngopi bareng MHM masih berlangsung. Puluhan pemuda dari berbagai latar sosial dan pendidikan hadir untuk menggali lebih dalam rahasia sukses dalam berbisnis.

Ngopi santai merupakan gelaran rutin bakabar.com di Rumah The Panasdalam Banjarmasin.Malam ini, Mardani berbagi seputar rahasia sukses berbisnis.

Ya, Mardani terbilang sukses dalam bisnis tanah air. Di usia muda, ia sudah memiliki ribuan karyawan. Mardani merupakan CEO PT Batulicin 69 dan PT Maming 69, perusahaan holding yang membawahi 35 entitas anak bisnis mulai dari perusahaan pertambangan mineral, pengawasan alat berat, pelabuhan, perkebunan hingga properti.

Dalam karir, Mardani juga memiliki segudang prestasi. Menjadi anggota DPRD Tanah Bumbu pada 2009, setahun kemudian ia terpilih menjabat Bupati Tanah Bumbu. Kala itu ia mencatat sejarah sebagai bupati termuda (29 tahun).

Baca Juga: Ngopi Bareng di Café Rumah The Panasdalam, MHM Tawarkan Metode 'ATM'

Baca Juga: MHM Bocorkan Rahasia Sukses Berbisnis

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner