Religi

Haul Guru Sekumpul ke 15 Akan Digelar Layaknya di Makkah

apahabar.com, MARTAPURA – Banyaknya jemaah yang diprediksi berhadir pada haul akbar Syekh Muhammad Zaini bin Abdul…

Featured-Image
Haul Abah Guru Sekumpul ke 14 di tahun sebelumnya. Foto-Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA - Banyaknya jemaah yang diprediksi berhadir pada haul akbar Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) ke 15, membuat Polres Banjar melakukan persiapan ekstra. Rencananya, mereka mengondisikan area haul layaknya di kota suci, Makkah.

Kasat Lantas Polres Banjar, AKP Indra Agung Perdana Putra mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan persiapan awal dengan dengan menggelar pertemuan bersama para relawan. Di antaranya, melakukan evaluasi penyelenggaraan haul di tahun sebelumnya.

Indra menyebut, satu putaran penuh putaran haul akan disterilkan. Jika di tahun sebelumnya, motor boleh masuk ke Simpang Empat Sekumpul hingga ke dalam, untuk tahun ini tidak lagi diperbolehkan.

“Jadi, kita melaksanakan pembatasan parkir di kantong-kantong yang agak jauh, (wilayah haul, red) harus steril dengan berjalan kaki seperti di Makkah,” ujar Indra kepadabakabar.com.

Pada saat magrib atau setengah jam sebelum magrib, pihak Kepolisian akan melakukan penutupan total portal pertama yang ada di radius satu kilometer dari Ar Raudhah.

“Hal tersebut bertujuan agar persiapan penataan untuk jemaah putra sendiri dan putri sendiri serta persiapan untuk shalat magrib berjemaah. Jadi, lebih tersusun dan tidak mengganggu para jamaah yang ingin melaksanakan shalat, jadi jalan raya kita khususkan untuk para jemaah pejalan kaki saja,” tutur Indra.

Pihaknya, kata Indra sudah menggordinasikan untuk menjadikan lapangan parkir Murjani Banjarbaru sebagai kantong parkir untuk roda 2 roda 4 serta bus.

“Untuk roda 6, roda 8 serta roda 10 akan diberhentikan perlintasannya di Martapura beberapa hari sebelum hari H,” bebernya.

Indra berharap, masyarakat turut mensukseskan jalannya acara Haul.

“Saya tidak mau ada yang melawan para relawan saat mengatur lalu lintas atau saat mengatur parkir. Karenarelawan bagian dari kami dan kami bagian dari relawan semuanya sama di haul,” tegas Indra.

Selain itu, pihaknya juga akan menindak jika ada relawan yang mengambil kesempatan memungut biaya parkir dalam kesempatan tersebut.

“Kita sudah sepakat dengan para relawan untuk tidak ada pungutan pada parkir. Jadi semuanya bersifat humanis, saling melayani, dan menjaga karena ini adalah kegiatan-kegiatan kita bersama,” pungkasnya.

img

Kasat Lantas Polres Banjar AKP Indra Agung Perdana Putra bersama Kanit Patwan Polres Banjar, Ipda Yuani Pratista. Foto- AKP indra forbakabar.com

Baca Juga:Mulawarman Peduli: Cerita Jemaah Haul Guru Sekumpul saat Menikmati Sajian Gratis Prajurit TNI

Baca Juga:Update Haul Guru Sekumpul ke-14; Dihadang Mendung dan Gerimis, Jemaah Terus Berdatangan

Baca Juga:Haul Guru Sekumpul ke 14, Ilma Senang Dapat Bubur Gratis

Reporter: AHC 15Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner