Pemkab Balangan

Desa Matang Hanau di Balangan Ditetapkan sebagai Desa Tangguh Bencana

apahabar.com, PARINGIN – Desa Matang Hanau di Kabupaten Balangan ditetapkan sebagai Desa Tangguh Bencana. Kepala BPBD…

Featured-Image
ilustrasi. Foto-apahabar.com

bakabar.com, PARINGIN – Desa Matang Hanau di Kabupaten Balangan ditetapkan sebagai Desa Tangguh Bencana.

Kepala BPBD Kabupaten Balangan, Alive Yoesfah Love, mengatakan desa yang berada di Kecamatan Lampihong itu dipilih karena rawan terhadap bencana alam seperti banjir, angin puting beliung, dan kebakaran hutan dan lahan.

“Desa Matang Hanau merupakan satu wilayah yang rentan terjadinya bencana banjir saat musim penghujan. Selain itu juga kerap ada Karhutla ketika musim kemarau,” ungkapnya, belum lama ini.

Dipilihnya Desa Matang Hanau ini juga merupakan bagian dari kerjasama BPBD Provinsi Kalsel dengan BPBD Kabupaten Balangan untuk meminimalkan suatu daerah terdampak bencana alam.

Setelah ditetapkan sebagai Desa Tangguh Bencana, pemerintah menyiapkan titik-titik pengungsian jika suatu saat terjadi bencana alam. Kesadaran masyarakat terhadap bencana juga sudah meningkat seiring digelarnya pelatihan tanggap bencana kepada masyarakat.

Meski sudah ditetapkan sebagai Desa Tangguh Bencana, BPBD Balangan akan tetap mendampingi dan ikut melakukan penanganan apabila ada bencana di wilayah tersebut.

Ke depan, pemerintah daerah juga akan membina sejumlah desa lainnya agar tanggap terhadap bencana. Namun, hal itu akan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: Banyak Lampu Jalan Mati di Balangan, Dishub Respons Keluhan Warga

Baca Juga: Tinggalkan Balangan, AKBP Moh Zamroni Sampaikan Salam Perpisahan

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner