Dishut Kalsel

Desa Ajung Balangan Kantongi Izin Perhutanan Sosial Nusantara

apahabar.com, PARINGIN – Desa Ajung, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan sukses mengantongi izin kelola Perhutanan Sosial…

Featured-Image
Salah satu warga Desa Ajung, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan menerima bantuan berupa mesin jahit. Foto-Istimewa

bakabar.com, PARINGIN – Desa Ajung, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan sukses mengantongi izin kelola Perhutanan Sosial Nusantara (PESONA).

PESONA merupakan salah satu program pemerintah dalam memberikan akses legal kepada masyarakat untuk mengelola sumber daya hutan.

Program Perhutanan Sosial Nusantara disalurkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) kepada Kelompok-Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS).

Sasaran programnya terkait pemberdayaan masyarakat dan kawasan hutan. Akses legal diberikan agar masyarakat berusaha dalam mengelola hutan.

Akses itu diharapkan mampu menjadi akses pembiayaan bagi masyarakat setempat yang telah diberi kepercayaan untuk mengembangkan hutan agar menghasilkan sesuatu yang bernilai.

KUPS Anyaman dan KTH Ajung Green Village Desa Ajung sendiri menerima bantuan berupa mesin jahit dan bibit Durian Unggul.

"KPH Balangan dan BPSKL sebagai fasilitator berjuang betul untuk mensejahterakan masyarakat, karena ada buktinya," ujar warga yang menerima bantuan, Limawati melalui siaran pers yang diterima bakabar.com, Senin (25/11) siang.

Ia menambahkan, warga Desa Ajung sangat mengapresiasi upaya pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat melalui pembangunan di bidang kehutanan. “Bantuan ini diapresiasi positif karena sangat bermanfaat bagi masyrakat,” pungkasnya.

Baca Juga: Lahan Eks Kebun Sawit di HSS dan HST akan Ditanami Sengon

Baca Juga: Usai Peringatan Maulid Nabi, KPH Kusan Bagikan Bibit Gratis

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner