Kalsel

Berjuluk Jewel Of Borneo, Terminal Baru Syamsuddin Noor Beroperasi Awal Desember Ini

apahabar.com, BANJARMASIN – Progres pembangunan terminal baru Syamsuddin Noor telah memasuki tahap akhir. Per 10 Desember…

Featured-Image
Bandara Syamsuddin Noor, Banjarbaru. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Progres pembangunan terminal baru Syamsuddin Noor telah memasuki tahap akhir. Per 10 Desember mendatang, PT Angkasa Pura 1 (Persero) memastikan terminal yang mengusung tema Jewel of Borneo ini siap untuk beroperasi.

“Ya,” ucap Communication and Legal Section Head Angkasa Pura I Bandara Syamsuddin Noor, Aditya Putra saat dikonfirmasi bakabar.com, Jumat (29/11) sore.

Menurut Aditya, tema tersebut diambil dari gabungan kearifan lokal dan modernitas. PT Angkasa Pura I menghadirkan suasana berbeda melalui keunikan budaya yang ada di Kalimantan. Seperti mengangkat pasar terapung Sungai Barito dengan mengaplikasikan bentuk perahu Jukung pada atap utama terminal.

Garis tegas menyerupai intan permata tampil pada seluruh unsur bangunan, memberikan imaji kemewahan dan kekayaan bumi Kalimantan.

Pembangunan juga telah memiliki fasilitas dengan standar Internasional. Sisi modern hadir melalui peralatan mutakhir di terminal baru seluas 77.562 m2 yang mampu menampung 7juta penumpang per tahun ini. Fasilitas berupa 5 garbarata (aviobridge), 52 check-In counter, den 3 baggage conveyor disiapkan untuk semakin menjamin kenyamanan dan keamanan penumpang.

Selain itu, tersedia area parkir seluas 34.360 m2 yang mampu menampung 1.521 kendaraan roda empat dan 720 kendaraan roda dua.

“Ini semua dipersembahkan sebagai wujud komitmen PT Angkasa Pura I (Persero) untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna Jasa Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dan menjadikan bandara ini sebagai ikon dan kebanggaan baru masyarakat Kalimantan Selatan,” dikutip dari surat edaran yang diterima media ini.

PT Angkasa Pura I juga telah menyiapkan jalur khusus untuk memudahkan akses menuju ke terminal baru Bandara Syamsuddin Noor. Dari arah Banjarmasin, ada dua jalur yang dapat menjadi pilihan masyarakat. Pertama, melewati Jalan Gubernur Sarkawi-Jalan Pelita 5-Jalan Golf-Jalan Lingkar Utara dan sampai ke Terminal Baru Bandara Syamsuddin Noor. Atau pilihan jalur kedua melalui Jalan Ahmad Yani-Jalan Golf-Jalan Lingkar Utara sampai Terminal Baru Bandara Syamsuddin Noor.

Kemudian untuk masyarakat dari arah Banjarbaru atau Martapura juga memiliki dua pilihan jalur. Jalur pertama dari titik Balai Kota Banjarbaru di Jalan Panglima Batur-Jalan Barjad-Jalan Karang Anyar 1-Jalan Andil Gotong Royong-Jalan Lingkar Utara dan sampai ke Terminal Baru Bandara Syamsuddin Noor. Atau Jalur kedua dari Simpang empat Banjarbaru menuju Jalan Ahmad Yani-Jalan Kebun Karet-Jalan Karang Anyar 1-Jalan Andil Gotong Royong-Jalan Lingkar Utara dan sampai ke Terminal Baru Bandara Syamsuddin Noor.

Baca Juga: AP1 Ungkap Peresmian Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor

Baca Juga: Operasional Terminal Baru Syamsudin Noor, AP 1 Siapkan Operasi Boyong

Reporter: Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner