Kalteng

Berebut Simpati Warga, 75 Calon Kades Duduk di ‘Kursi Panas’ 

apahabar.com, MUARA TEWEH – Sebanyak 75 calon kepala desa dari 20 desa se-Barito Utara Kalimantan Tengah seolah…

Featured-Image
Ilustrasi pilkades. kumparan.com

bakabar.com, MUARA TEWEH – Sebanyak 75 calon kepala desa dari 20 desa se-Barito Utara Kalimantan Tengahseolah menduduki kursi panas , Selasa (12/11) hari ini. Mereka menatap Pilkades dengan perasaan was-was, terpilih atau tidak sebagai kepala desa.

Di antara 20 desa, ada 2 desa yang calonnya hanya dua orang, sedangkan 18 desa lainnya calon ada 5 orang, sehingga diperkirakan akan menambah "suhu panas" persaingan mereka.

Dua desa tersebut adalah Desa Lemo I Kecamatan Teweh Tengah dan Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang.

Proses pemungutan suara di 20 desa tersebut mendapat pengawalan khusus pihak aparat keamanan dari Polres Barito Utara dan Kodim 1013 Muara Teweh.

Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra turun langsung memantau tempat pemungutan suara didampingi Kabag Ops AKP Alex Andreas SIK serta Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh serta Camat Teweh Tengah.

img

Camat Teweh Tengah, Mastur, (tengah) bersama jajaran keamanan foto bersama saat. Memantau Pilkades Serentak di Desa Lemo I, Selasa (12/11/2019). Foto bakabar.com/Nasution

Di sela kegiatan tersebut, Sugianto mengharapkan agar semua warga yang mempunyai hak pilih agar menentukan pilihannya sesuai hati nurani. Dia juga berharap, pelaksanaan pemilihan berjalan lancar dan aman.

Selain itu, dia juga menyampaikan, warga hendaknya bisa saling menghormati pilihan orang lain agar siapapun yang dipercaya nanti bisa mengemban amanah untuk membangun desanya masing-masing.

Camat Teweh Tengah, Mastur menambahkan, di wilayahnya Teweh Tengah ada tiga desa yang hari ini melaksanakan pemilihan kepala desa serentak yakni, Desa Lemo I, Rimba Sari dan Desa Sei Rahayu I.

Dari hasil pantauan pihaknya, desa yang agak rawan adalah Desa Lemo I, hal ini dikarenakan hanya ada dua calon,sehingga ada pengelompokan massa, namun sejauh ini masih aman karena pihaknya sudah mensosialisasikan pilkades serentak tersebut. selain itu, pihaknya juga mengupayakan keamanan tetap kondusif dengan merangkul tokoh agama, tokoh masyarakat serta pemuda.

Diakuinya, pemilihan kades ini mendapat respon besar dari warga terutama yang bersangkutan, bahkan pemilih yang datang mencapai 80 persen lebih,hal ini terlihat banyaknya warga yang datang terutama di Desa Lemo I.

"Sebagaimana ketentuan, maka pada pemilihan atau penjoblosan suara sampai pukul 13.00 WIB, dan langsung dilakukan penghitungan suara," tandasnya.

Baca Juga: Dinas Sosial PMD Barut SortirSurat Suara Pilkades

Baca Juga: DPRD Barut Rekomendasikan Pilkades Muara Inu Ditunda

Reporter: AHC17Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner