Kalsel

Waspada, Karhutla Masih Ancam Kalsel Hari Ini

apahabar.com, BANJARMASIN – Hujan lokal masih berpotensi terjadi di Kalsel hari ini. Meski demikian, ancaman kebakaran…

Featured-Image
Prakiraan Cuaca. Foto-apahabar.com/Infografis

bakabar.com, BANJARMASIN – Hujan lokal masih berpotensi terjadi di Kalsel hari ini. Meski demikian, ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus mengintai.

Kebakaran lahan sempat membuat warga Manarap Tengah, Kabupaten Banjar panik, Selasa (15/10). Pasalnya, lahan yang terbakar berupa sisa pertanian berdekatan dengan perumahan warga.

Untungnya, BPK Malataba Manarap sigap memadamkannya. Sehingga, api tak sampai menyerang tempat tinggal warga.

Nah, potensi serupa di wilayah Kalsel masih akan terjadi. Pasalnya data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rabu (16/10), menunjukkan suhu udara di Kalsel masih tinggi.

Bahkan, suhu tertinggi pada siang hari mencapai 36 derajat celcius. “Waspada potensi kemudahan kebakaran hutan dan lahan di hampir seluruh wilayah Kalimantan Selatan,” demikian peringatan dini BMKG dalam situs resminya, Rabu.

Di sisi lain, tingkat kelembaban udara Kalsel hari ini cukup tinggi. Yakni mencapai 95 persen. Ditambah lagi, angin bergerak sampai 19 km/jam.

Meski begitu, BMKG juga memprakirakan hujan bakal mengguyur sejumlah wilayah Kalsel hari ini. Potensi itu terlihat pada siang/sore hari.

Khususnya, Amuntai (Hulu Sungai Utara), Barabai (Hulu Sungai Tengah), Kandangan (Hulu Sungai Selatan), Marabahan (Barito Kuala), Paringin (Balangan) dan Rantau (Tapin).

Terlepas dari itu, umumnya pagi dan malam hari cuaca terlihat cerah berawan.

Baca Juga:Suporter Timnas Teriak Simon Out!

Baca Juga:Takluk Dari Vietnam, Timnas Indonesia Telan Empat Kekalahan Beruntun

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner