Kalsel

Sambut KKN UIN di HST, Chairansyah; Gunakan Pendekatan Sesuai Adat di Masyarakat

apahabar.com, BARABAI – Sebanyak 133 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin melaksanakan Kuliah Kerja Nyata…

Featured-Image
Bupati HST, HA Chairansyah menerima kedatangan para mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin yang akan melakukan KKN, Selasa (8/10). Foto-apahabar.com/Lazuardi

bakabar.com, BARABAI – Sebanyak 133 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Hulu Sungai Tengah (HST) selama 2 bulan. Para mahasiswa itu disebar pada dua kecamatan yakni, Batang Alai Timur dan Hantakan.

“Dari dua kecamatan itu, ada 19 desa yang bakal ditempati mereka (KKN). Tiap desa akan ditempati 7 mahasiswa,” kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Antasari Banjarmasin,Yahya MOF saat acara serah terima mahasiswa KKN UIN di Pendopo Bupati HST, Selasa (8/10).

Mereka pun disambut oleh Bupati HST, HA Chairansyah.

“Kehadiran mahasiswa ini begitu berarti bagi kita. Selain dapat memberikan pembelajaran lapangan bagi mahasiswa, diharapkan dapat membantu menunjang pembangunan di HST,” kata Chairansyah saat menyambut para mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di Bumi Murakata.

Mahasiswa KKN, kata Chairansyah, diharapkan menggunakan metode komunikasi yang tepat sesuai dengan adat istiadat masyarakat setempat dan tidak keluar dari koridor aturan. Selain itu, dia mengharap memperhatikan rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh pihak UIN Antasari Banjarmasin.

“Secepatnya para mahasiswa untuk beradaptasi dengan lingkungan di mana ditempatkan KKN, dan segera bersosialisasi dengan tokoh tokoh masyarakat tentang apa yang akan dilakukan selama KKN,” ujar Chairansyah.

Selama para mahasiwa itu melakukan KKN, Chairansyah mengimbau agar kedua camat dan 19 kepala desa menerima serta membantu mahasiswa agar program KKN bisa berjalan dengan baik.

“Jalin kerjasama yang baik dengan seluruh lapisan masyarakat di lokasi KKN,” pesan Chairansyah.

UIN Antasari Banjarmasin pada semester ganjil 2019 ini mengirim sebanyak 1731 mahasiswanya untuk melaksanakan KKN. Mereka disebar pada 7 kabupaten di Kalsel diantaranya Tanah Laut dan HSS.

Baca Juga: Di Tanbu, Program KKN akan Dilaksanakan Setiap Tahun

Baca Juga: KKN di HSS, 98 Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin Diminta Cepat Beradaptasi

Baca Juga: Tuntas KKN, 200 Mahasiswa IAIN Palangkaraya Kembali Kuliah

Baca Juga: Mandi di DAS Rungan, Seorang Mahasiswa KKN dari UGM Tenggelam

Baca Juga: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Antasari KKN di Desa Lumpangi Loksado

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner