Kalsel

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Komunitas Saban akan Gowes ke Makam Pahlawan

apahabar.com, BANJARMASIN – Memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada 28 Oktober mendatang, Komunitas Sepeda Antik…

Featured-Image
Komunitas Saban sedang memarikir sepeda mereka di Jalan, dekat Siring Sungai Martapura, Banjarmasin.Foto-apahabar.com/Musnita Sari

bakabar.com, BANJARMASIN – Memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada 28 Oktober mendatang, Komunitas Sepeda Antik Banjarmasin atau Saban akan melaksanakan gowes bersama menuju taman makam pahlawan.

“Kita juga akan melaksanakan upacara bersama di sana,” ucap Ketua Saban, Jumari saat dijumpaibakabar.comdi kawasan car free day, Minggu (20/10) pagi.

Agenda rutin itu memang selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Titik keberangkatan gowes akan dimulai di Siring 0 kilometer sekitar pukul 7 pagi. Sesampainya di taman Makam Pahlawan Jalan A Yani Landasan Ulin, mereka akan menggelar upacara singkat sekaligus untuk mendoakan para pahlawan Banua.

Melalui momen seperti hari sumpah pemuda, mereka juga ingin menularkan semangat juang kepada generasi muda Kalsel.

Mengingat makin berkembangnya komunitas sepeda di Banjarmasin, dirinya juga berharap anak muda tidak lupa untuk ikut melestarikan sepeda antik.Sebagian besar dalam komunitas ini adalah para pecinta sepeda Onthel.

“Kita berharap pemuda-pemuda yang akan datang untuk melestarikan sepeda Onthel. Karena kita juga punya anggota termuda sekitar 20 tahunan,” ungkap dia

Selain berkumpul pada minggu pagi di car free day. Komunitas Saban juga terkadang gowes keliling kota setiap Selasa dan Sabtu.

“Ada juga yang lebih jauh, ke Tamban atau Martapura bolak-balik,” ujarnya

Komunitas yang terbentuk pada Ramadhan tahun 2008 lalu ini, sebagian besar anggotanya berasal dari pensiunan ABRI, Polisi, PNS, juga masyarakat umum. Selain menjadi ajang silaturahmi, juga untuk mempertahankan komunitas sepeda kata dia.

“Yang penting punya sepeda Onthel dan ikut kumpul,” ucapnya mengakhiri.

Baca Juga: Jelang Pelantikan Presiden, Polres Banjar Gelar Razia

Baca Juga: Jelang Pelantikan Presiden, Habib Hasan Ajak Warga Berdoa untuk Bangsa

Reporter: Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner