Kalsel

Kembangkan Pariwisata Kalsel, SDM Industri Perhotelan Wajib Dididik

apahabar.com, BANJARMASIN – Pariwisata di Kalimantan Selatan merupakan sektor yang memiliki posisi penting bagi pertumbuhan ekonomi…

Featured-Image
Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Dahnial Kifli memaparkan harapannya kepada pelaku usaha pariwisata Kalsel. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Pariwisata di Kalimantan Selatan merupakan sektor yang memiliki posisi penting bagi pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.

Potensi perkembangan pariwisata bahkan dinilai cukup besar. Salah satu yang mendongkrak pertumbuhan pariwisata dengan mengoptimalkan industri wisata yakni perhotelan.

“Kita menginginkan pariwisata Kalsel menjadi sektor unggulan, sekaligus mewujudkan destinasi wisatanya nasional,” terang Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Dahnial Kifli.

Menurutnya untuk mencapai tujuan itu harus didukung dengan fasilitas memadai seperti hotel, restoran serta akomodasi.

Jika semua hal yang disebut terkelola dengan baik, maka dipastikan akan memberikan kenyamanan wisatawan yang berlibur ke Kalsel. Baik wisatawan asing maupun domestik.

Sebab hal itu merupakan penunjang sektor pariwisata Kalsel, ketika wisatawan berkunjung ke destinasi wisata yang telah terjadwal.

“Kami berupaya memenuhi apa yang menjadi kebutuhan para pariwisata selama liburan, khususnya hotel ketika mereka bersantai,” tuturnya saat Bimtek SDM Pariwisata Standarisasi di Hotel Nasa Banjarmasin, Selasa (8/10).

Baginya tidak hanya industri perhotelan yang berperan aktif mendorong wisatawan datang. Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja disana turut menjadi faktor pendukung.

SDM yang dimaksud koki, pelayan, satpam dan lainnya yang ada di hotel kelas bintang maupun melati.

Mereka berhak meningkatkan kapasitas pengetahuan dan skill dalam melayani wisatawan. Daya tarik, aksesibilitas dan pengalaman bekerja sangatlah dibutuhkan.

“Dengan demikian keduanya akan saling mengisi dan memiliki pandangan yang sama untuk membangun wisatawan Kalsel,” tegasnya.

Baca Juga: Ketika Dosen Muda ULM Jadi Pembicara Pada Forum ASEAN

Baca Juga: Menggenjot Anjungan Kalsel di TMMI Jadi Pusat Promosi Wisata Banua

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syaif



Komentar
Banner
Banner