Nasional

Jokowi Janji Tingkatkan Tukin TNI 80 Persen

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyiapkan dua rencana besar peningkatan kesejateraan prajurit TNI. Selain ingin…

Featured-Image
Presiden Joko Widodo saat peringatan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10). Foto-radarbogor

bakabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyiapkan dua rencana besar peningkatan kesejateraan prajurit TNI. Selain ingin kredit perumahan anggota TNI dengan jangka waktu 30 tahun, Jokowi juga bernjanji meningkatkan tunjangan kinerja (Tukin) sebesar 80 persen.

“Pemerintah terus mengupayakan kredit perumahan untuk prajurit hingga jangka waktu 30 tahun dan akan meningkatkan tunjangan kinerja TNI menjadi 80 persen di tahun 2020,” kata Jokowi dalam peringatan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur seperti dikutip bakabar.com dari detik.com, Sabtu (5/10).

Jokowi juga menyampaikan, pemerintah akan menaikkan anggaran pertahanan dari Rp 121 triliun menjadi Rp 131 triliun pada 2020.

“Alokasi anggaran pertahanan tahun 2019 sebesar Rp 121 triliun akan dinaikkan menjadi lebih dari Rp 131 triliun di tahun 2020,” ujar Jokowi.

Terlepas dari itu, Jokowi meminta TNI menyesuaikan dengan pemanfaatan teknologi baru.

“Prajurit TNI masa depan harus mempunyai kemampuan adopsi dan adaptasi teknologi baru serta menjunjung tinggi kemandirian strategis alutsista produk dalam negeri,” ujar dia.

TNI juga diminta untuk meninggalkan ego sektoral. TNI, kata Jokowi, harus mampu bekerja sama dengan kementerian dan lembaga.

“Kedua prajurit TNI tidak boleh lagi terjebak dalam ego matra, TNI harus mampu bersinergi dengan kementerian dan lembaga seperti Polri BNPT, BNPB dan Bakamla. Prajurit TNI wajib menjaga kemanunggulan TNI bersama rakyat, melalui operasi bakti dan program tentara manunggal membangun desa,” ujar Jokowi.

Baca Juga: HUT TNI ke-74, Ratusan Personel Terlibat Bakti Sosial

Baca Juga: HUT ke-74, Ancaman Nirmiliter Jadi Atensi TNI

Baca Juga:Gowes Gembira HUT ke-74 TNI, Dandrem: Kita Makin Profesional

Baca Juga:HUT ke-74 TNI, Kodim 1003 Kandangan Gelar Bakti Sosial

Sumber: Detikcom
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Komentar
Banner
Banner