Kalsel

Formasi Guru Dominasi Seleksi CPNS Batola

apahabar.com, MARABAHAN – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah dipastikan. Dalam kesempatan ini, Barito…

Featured-Image
Barito Kuala mencari 175 formasi dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Foto-Istimewa

bakabar.com, MARABAHAN – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah dipastikan. Dalam kesempatan ini, Barito Kuala menjaring 175 formasi dari tiga bidang.

Pengumuman disampaikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) melalui surat bernomor B/1069/M.SM.01.00/2019 tentang informasi penerimaan CPNS 2019 di
lingkungan kementerian/lembaga dan daerah.

Berdasarkan jumlah alokasi, 462 pemerintah daerah memperoleh formasi sebanyak 114.861. Sedangkan kementerian/lembaga memperoleh 37.425 formasi.

Pemerintah tidak membuka formasi tenaga administrasi, karena sudah hampir separuh dari total PNS di Indonesia. Sebaliknya Pemerintah fokus membuka formasi jabatan yang dapat berkontribusi memberikan perubahan.

Dari sekian formasi untuk pemerintah daerah, Batola kebagian 175 formasi dengan rincian tenaga guru 85 formasi, kesehatan 58 formasi dan teknis 32 formasi.

“Sementara baru rincian formasi yang dapat diumumkan,” jelas Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (Bapegdiklat) Batola, H Hardian Noor, Selasa (29/10).

“Sedangkan rincian posisi dan jabatan masih menunggu petunjuk teknis dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Biasanya sepekan sebelum pendaftaran, posisi jabatan sudah diumumkan,” imbuhnya.

Formasi CPNS yang diberikan merupakan hasil analisis Menpan RB, sesuai analisis jabatan dan beban kerja. Kemudian disesuaikan lagi dengan kemampuan keuangan daerah, terutama belanja pegawai.

“Sebenarnya kami mengusulkan 257 formasi untuk menutupi pegawai yang pensiun, terutama tenaga pengajar. Namun demikian, kami tetap bersyukur diberi 175 formasi,” tukas Hardian.

Pendaftaran dilakukan online melalui lamanhttps://sscasn.bkn.go.idmulai 11 November 2019. Dokumen yang perlu disiapkan pelamar untuk diunggah ke portal tersebut di antaranya scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli.

Sementara Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Direncanakan SKD dilakukan Februari 2020, dilanjutkan Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) pertengahan Maret 2020.

“Lokasi seleksi ditentukan kemudian, karena kami juga masih menunggu arahan BKN. Kami tidak bisa memastikan tetap dilakukan di Marabahan atau daerah lain,” jelas Hardian.

“Tetapi kemungkinan sulit dilakukan di Marabahan, karena beberapa peralatan kami sudah cukup lama. Genset untuk mengantisipasi pemadaman listrik, juga telah rusak,” tandasnya.

Baca Juga: Sah Dibuka, Berikut Daftar Lengkap Lowongan CPNS 2019

Baca Juga:Pemkot Banjarmasin Sediakan 82 Formasi Penerimaan CPNS

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner