Kalsel

BEM Seluruh Indonesia Sepakat Tolak Eksploitasi Meratus!

apahabar.com, BANJARMASIN – Gelombang perlawanan akan aktivitas pertambangan di Pegunungan Meratus atau tepatnya Kabupaten Hulu Sungai…

Featured-Image
Massa dari BEM-SI memenuhi Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Jumat (04/10) siang untuk menyuarakan Save Meratus. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

bakabar.com, BANJARMASIN – Gelombang perlawanan akan aktivitas pertambangan di Pegunungan Meratus atau tepatnya Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) kian deras mengalir.

Mahasiswa masih menjadi garda terdepan sebagai penggerak aksi. Mereka juga sebelumnya sepakat untuk menolak hasil revisi RUU KUHP, UU KPK, Minerba, Pertahanan, Permasyarakatan dan Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS).

Kali ini, mereka membawa ratusan massa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia. Mereka turun ke jalan untuk menyuarakan Save Meratus di simpang empat Jalan Lambung Mangkurat, Jumat (04/10) siang.

“30 Perguruan tinggi berkumpul berbicara tentang lingkungan untuk menarik simpati orang yang lewat dan menyadarkan mereka kalau di Kalsel ada yang salah,” tutur Koordinator Aksi Jamal kepada bakabar.com di lokasi aksi.

Menurutnya ketika eksploitasi Meratus dipaksakan, maka bahan pokok seperti beras dan buah-buahan bakal sulit. Termasuk air bersih. Banyak juga petani yang menggantungkan hidup di sana.

“Pemerintah tidak berhak menyentuh [Meratus], hari ini dan seterusnya tugas kita untuk mengawal menyelamatkan Meratus,” tuturnya.

Dalam konteks Meratus, mereka menyatakan untuk tidak percaya dengan tugas dan kewajiban anggota DPRD dan pemerintah.

Penilaiannya akan wakil rakyat tersebut hanya mementingkan diri sendiri, dibandingkan warga kecil yang kebingungan.

Aksi berlangsung kondusif dengan penjagaan ketat dari pihak kepolisian. Tak ada penutupan ruas jalan selama aksi berlangsung.

Baca Juga:Ilusi Kehancuran Meratus, Hutan Terakhir dan Paru-Paru Dunia yang Tersisa

Baca Juga: FOTO: Ratusan Peserta Aksi Save Meratus Tumpah Ruah di Barabai

Baca Juga: Walhi Bantah Aksi Save Meratus Ditunggangi Kepentingan Politik

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner