Kalsel

BCG Bicarakan ‘Sisi Gelap Kopi’ di Café Rumah The Panasdalam

apahabar.com, BANJARMASIN – Organisasi Borneo Coffee Guild (BCG) menggelar edukasi kopi di Cafe Rumah The Panasdalam,…

Featured-Image
Suasa. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

bakabar.com, BANJARMASIN – Organisasi Borneo Coffee Guild (BCG) menggelar edukasi kopi di Cafe Rumah The Panasdalam, Jalan Mayjend Sutoyo S RT 08 Nomor 29 Banjarmasin, Minggu (06/10).

Acara yang bertema "Sisi Gelap Kopi" ini mengajak para penggiat kopi di Banjarmasin, mengenalkan lebih dalam proses demi proses dari setelah panen hingga biji kopi siap sangrai.

“Ini adalah salah satu program kerja BCG yang mana kita mengadakan kelas edukasi kopi. Tema kali ini adalah Sisi Gelap. Nantinya Sisi gelap ini akan membahas lebih banyak lagi soal kopi,” ujar Ketua Pelaksana edukasi kopi, Dayat Tarsad.

Dayat menjelaskan, dalam edukasi kopi ini, para peserta dikenalkan pada dua jenis proses kopi setelah dipetik. Yakni, proses natural ataudry process dan washed process atau yang juga dikenal dengan sebutanwetprocess.

Dia menyebut, dua proses ini akan sangat berpengaruh pada hasil seduhan kopi nantinya.

Proses natural dianggap mampu memberinotesalabuah-buahan pada kopi, denganhintsumumseperti blueberry, strawberry atau buah-buahan tropis. Kopi pun cenderung memiliki keasaman (acidity) rendah, rasa-rasa yang eksotis danbodyyang lebih banyak.

Sementara hasil washedprocessumumnya memiliki karakter yang lebih bersih,light, sedikit berasa buah,bodycenderung ringan dan lembut dengan tingkat keasaman (acidity) lebih banyak.

“Nanti, setelah wetprocessdan dryprocess ini nanti akan terbagi lagi tahapan prosesnya,” sambung Dayat.

Sementara itu, pemateri edukasi kopi, Adit Pernando mengatakan untuk kali pertama materi yang disampaikan adalah pengolahan kopi pasca panen.

“Ini juga menjawab beberapa pertanyaan umum seperti, bisa gak sih kopi itu di buat macam-macam? Pengolahan itu penting apa gak sih? Pertanyaan seperti itu yang kita angkat dalam pembahasan kali ini,” ujar Adit.

Selain itu, pengenalan proses kopi itu sendiri menjadi salah satu hal yang penting diketahui oleh pecinta kopi.

Baca Juga: Rapat di Cafe Rumah The Panasdalam, SMA 4 Banjarmasin akan Gelar Reuni Akbar

Baca Juga: Banjarmasin Nambah Tempat Nongkrong, Cafe Rumah The Panasdalam Resmi Dibuka

Reporter: Rizal Khalqi
Edtor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner