BKKBN Kalsel

Baksos Polri Serentak, BKKBN Kalsel Hadirkan Bus Pelayanan KB

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Kalimantan Selatan ikut berpartisipasi dalam rangka Bakti…

Featured-Image
Bakti Kesehatan Sosial Polri di Mesjid Jami Tuffaturoghibin, Selasa (15/10) pagi. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Kalimantan Selatan ikut berpartisipasi dalam rangka Bakti Kesehatan Sosial Polri di Mesjid Jami Tuffaturoghibin, Selasa (15/10) pagi.

Turut menyediakan pelayanan kesehatan gratis kepada warga Alalak Utara, BKKBN menghadirkan dua bus pelayanan kontrasepsi atau KB.

Bus pertama dari BKKBN Kalsel menyediakan layanan untuk metode kontrasepsi jangka panjang. Untuk pria dilakukan metode vasektomi, sedangkan pada wanita dilakukan metode pemasangan implan.

“Jadi, pelayanan KB untuk pria dan wanita,” ucap dr. Mahendra Prakosa kepada bakabar.com.

Bus sendiri dihadirkan untuk mendekatkan diri secara langsung kepada masyarakat. Khususnya Banjarmasin, masyarakat di kawasan aliran sungai menjadi perhatian utama.

“Fungsinya untuk mendekatkan pelayanan KB. Jadi masyarakat yang jauh-jauh dari puskesmas bisa menggunakan layanan ini,” kata dia.

Khusus BKKBN Kalsel, bus pelayanan KB dihadirkan di 13 Kabupaten/Kota untuk menjangkau seluruh wilayah. Mereka juga bekerja sama dengan bidan dari puskesmas terdekat.

“Daerah terpencil, miskin, kumuh, juga wilayah perbatasan,” sebutnya

Bus kedua dari BKKBN Banjarmasin yang menyediakan layanan pemasangan implan atau susuk khusus untuk wanita. Metode kontrasepsi ini masa efektifitasnya bisa mencapai 3 tahun.

Menurut Bidan Eni, antusiasme warga untuk mengikuti pelayanan ini cukup tinggi. Karena pada kegiatan sebelumnya, para kader PPKBD selalu dituntut untuk dapat meningkatkan pembinaan di setiap kampung KB.

“Kalau kegiatan seperti ini kami bisa melayani hingga 20 orang,” ucap Bidan Puskesmas Alalak Tengah ini.

Baca Juga: Lewat Orientasi, BKKBN Kalsel Bentuk PIK Remaja Menjadi Konselor Sebaya

Baca Juga: BKKBN Resmikan Rumah Dataku di Tanah Laut

Baca Juga: SMPN 4 Banjarmasin Dicanangkan Jadi Sekolah Siaga Kependudukan

Baca Juga: BKKBN Kalsel Edukasi Guru SMAN 4 Banjarmasin Lewat Integrasi Pendidikan Kependudukan

Reporter: Musnita Sari
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner