Kalsel

Ansharuddin Sebut Santri Generasi Penerus Bangsa yang Intelek

apahabar.com, PARINGIN – Apel peringatan Hari Santri Nasional Ke III di Kabupaten Balangan terpusat di halaman…

Featured-Image
Bupati Balangan Asharuddin beserta jajaran menghadiri acara Hari Santri. Foto-Pemkab Balangan

bakabar.com, PARINGIN – Apel peringatan Hari Santri Nasional Ke III di Kabupaten Balangan terpusat di halaman Kantor Bupati Balangan, Kecamatan Paringin Selatan, Selasa (22/10). Kegiatan dihadiri seluruh santri pondok pesantren yang ada di Balangan.

Bupati Balangan H Ansharuddin mengemukakan, santri adalah generasi penerus bangsa yang tidak hanya agamis tapi juga intelek. Bangsa yang besar di belakangnya ada santri yang selalu berdoa dan berusaha.

“Memang tidak bisa diragukan lagi bahwa pondok pesantren sangat banyak sekali kontribusinya terhadap masyarakat Indonesia pada umumnya, terutama di daerah khususnya,” tuturnya.

Anak-anak jebolanpesantren memang tidak bisa diragukan lagi. Termasuk Ansharuddin sendiri mengaku juga alumni pondok pesantren. Ia pun mengaku banyak sekali pemimpin-pemimpin serta pejabat yang tadinya berasal dari pesantren.

Ia juga berkomitmen bahwa mereka yang berkeinginan untuk meneruskan pendidikannya ke Al-Azhar misalnya, dari pemerintah daerah siap untuk memberikan beasiswa.

“Ini merupakan prioritas dari pemerintah daerah bagi mereka yang berasal dari pondok pesantren kita berikan beasiswa bagi yang berkeinginan melanjutkan pendidikan ke Hadhramaut, Yaman atau ke Al-Azhar, Kairo,” ungkapAnsharuddin.

Disamping itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Balangan H M Yamani mengharapkan agar santri lebih handal, lebih eksis lagi, terlebih dengan terbitnya UU Nomor 22/2019.

“Keberadaan santri tidak diragukan lagi dan memiliki kedudukan hak yang sama dengan pelajar lainnya,”pungkasnya.

Peringatan Hari Santri itu juga dihadiri sejumlah ustadz dan ustadzah, serta para penjabat dilingkup Pemkab Balangan dan juga diikuti oleh seluruh sekolah tingkat Raudatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah(MA).

Baca Juga: Hari Santri Nasional, NU HST Ajak Santri Pertahankan NKRI

Baca Juga: Hari Santri Nasional: Lapas Amuntai Bakal Jadi Percontohan

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner