Kalsel

HUT TNI ke-74, Ratusan Personel Terlibat Bakti Sosial

apahabar.com, BARABAI – Menyongsong HUT TNI ke-74, Kodim 1002 Barabai menggelar berbagai bakti sosial khusus untuk…

Featured-Image
Kepala Staf Kodim 1002, Mayor Inf Pahrijani bersama anggota TNI serta Polres dan anggota Pramuka MAN 2 HST menanam pohon Alpukat di kawasan TPA Desa Telang Kecamatan Batara, Sabtu (28/09). Foto-Istimewa

bakabar.com, BARABAI – Menyongsong HUT TNI ke-74, Kodim 1002 Barabai menggelar berbagai bakti sosial khusus untuk masyarakat di Hulu Sungai Tengah (HST).

“Kita telah menggelar pengobatan massal gratis, donor darah. Sekarang kita menggelar karya bakti pembersihan dan penanaman pohon di TPA (Tempat Pembuangan Akhir),” kata Plh Pasiter Kodim 1002 Barabai, Kapten Inf Moh Alip Suroso, Sabtu (28/09).

Pembersihan serta penanaman pohon di TPA Desa Tilang Kecamatan Batang Alai Utara (Batara), lanjut Alip, melibatkan 116 orang personel.

“Mereka anggota Kodim 1002/Barabai 50 orang, Yonif 621/Manuntung 21 orang, Polres HST 15 orang dan Dinas Lingkungan Hidup dan Pehubungan serta Pamuka dari MAN 2 HST, 30 orang,” kata Alip.

Sementara Kepala Staf Kodim 1002, Mayor Inf Pahrijani menyebutkan, pembersihan sekaligus penanaman pohon itu sebagai upaya menciptakan kebersihan lingkungan.

“Hijaukan kembali demi masa depan bumi kita dangan menanam pohon, sayangi dan lindungi pohon untuk masa depan kita semua,” tegas Pahrijani.

Gayung bersambut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan, M Yani menanggapinya, pohon yang ditanam adalah jenis buah-buahan seperti durian dan alpukat.

“Harapan hasil buahnya dapat dinikmati oleh anak cucu kita, serta ucapan Terimakasih kepada kodim 1002 Barabai atas partisipasinya dalam kegiatan menanam pohon,” kata Yani.

Sebelumnya, Rabu (25/09/2019) bakti sosial pengobatan gratis dan donor darah dalam rangka HUT TNI juga digelar di Desa Desa Awang, Batara.

Pengobatan massal gratis ini didukung dua orang dokter yaitu dokter Shinta Kartika dari Polkes 06.10.09 Barabai dan dr Eka dari Yonif 621/Manuntung. Serta 4 tim medis dari Pos Kesehatan Kodim, Peleton Kesehatan Yonif 622/Manuntung dan dari puskesmas Ilung sebanyak empat orang.

Pengobatan gratis ini juga dibantu anggota Staf Teritorial Kodim 1002/Barabai dengan menurunkan 8 orang anggota.

Tercatat ada 115 masyarakat yang memeriksakan diri saat pelayanan pengobatan gratis.

“Kami berharap warga dapat terbantu dengan adanya pengobatan gratis ini,” ucap Eka.

dr Shinta Kartika merincikan kebanyakan warga yang datang berobat dengan keluhan hipertensi, atristis, maag, skabies (penyakit kulit akut, red) dan ISPA.

“Satu orang dirujuk ke rumah sakit karena menderita skabies,” bebernya Eka.

Baca Juga: Gowes Gembira HUT ke-74 TNI, Dandrem: Kita Makin Profesional

Baca Juga: HUT ke-74 TNI, Kodim 1003 Kandangan Gelar Bakti Sosial

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner