Nasional

Hari Ini, Presiden Jokowi Luncurkan Pikap Esemka, Menteri Budi Beri Bocoran

apahabar.com, JAKARTA – Hari ini, Presiden Joko Widodo bakal meresmikan pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi…

Featured-Image
Mobil pikap terparkir di halaman pabrik mobil Esemka di Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Senin, 22 Oktober 2018. Mobil Esemka digadang-gadang sebagai calon mobil nasional. Foto-Antara

bakabar.com, JAKARTA – Hari ini, Presiden Joko Widodo bakal meresmikan pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali.

Pantauan Antara, persiapan peresmian sudah mulai dilakukan sejak kemarin. Dari luar pabrik PT Esemka, terlihat sejumlah manajemen pabrik, aparat keamanan baik dari TNI maupun Polri mondar mandir.

Hari ini, Presiden Jokowi sendiri akan meresmikan pabrik pada sekitar pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya, peresmian pabrik perakitan mobil anak negeri itu ditarget setelah Pemilu Presiden 2019.

Pantauan terbaru, dilansir Tempo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah sampai di lokasi pabrik pada pukul 07.30 WIB.

Menariknya, Menteri Budi sempat membocorkan perkiraan harga Esemka Bima yang juga akan diluncurkan bertepatan dengan peresmian pabrik.

“Dengar-dengar sekitar Rp110-120 juta ya,” kata Budi kepada wartawan di depan pabrik Esemka.

Dengan harga kompetitif tersebut diharapkan mampu membawa banyak perubahan bagi perekonomian daerah.

Esemkan Bima merupakan kendaraan niaga ringan multifungsi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan di daerah maupun perkotaan kecil.

Sejauh ini, sebanyak 12 model mobil Esemka telah lolos menjalani uji tipe di Kementerian Perhubungan. Dari angka itu, satu model akan luncurkan hari ini yakni pikap Esemka Bima 1.2L dan 1.3L.

“Informasinya, kandungan lokal untuk model yang akan diluncurkan ini sudah 60 persen. Sudah pakai komponen lokal,” ujarnya.

Baca Juga: Ketika Mobil Dinas Jokowi Mogok di Kalimantan

Baca Juga: Polda Kalsel Bongkar Sindikat Penggelapan Mobil Leasing, IntipModusnya

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner