Kalsel

Dorong UMKM Lewat Bazaar Haornas 2019

apahabar.com, BANJARMASIN – Dalam rangka memeriahkan Hari Olahraga Nasional 2019 ke 36, Kalimantan Selatan sebagai tuan…

Featured-Image
Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani saat memberikan sambutan dan berada di salah satu stand bazar. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

bakabar.com, BANJARMASIN – Dalam rangka memeriahkan Hari Olahraga Nasional 2019 ke 36, Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah tak hanya diisi berbagai acara menarik namun juga menyejahterakan masyarakatnya.

Bukan hanya kegiatan olahraga, namun Usaha Mikro Kecil Menengah pun turut mendapat perhatian pemerintah dalam perhelatan nasional ini.

“Jadi (hari ini) kita laksanakan ada dua (pameran). Pertama, dilaksanakan di Duta Mall siang tadi. Di sini adalah untuk pelaku usaha mikro kecil menengah dalam bentuk bazar,” ucap

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani kepaabakabar.comsaat ditemui ketika meninjau lokasi bazaar di Siring Menara Pandang, Jumat (6/9) sore.

Pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Perdagangan Kalsel memberikan fasilitas bagi para pelaku UMKM untuk menggelar dagangannya. Produk yang dijual pun tidak diberikan batasan, baik itu jenis kerajinan, kuliner, maupun fashion.

“Kami persilahkan menggelar dagangan di sini. Tapi kami arahkan mereka supaya menjual kuliner atau oleh-oleh khas Kalsel,” ujarnya

Produk kuliner disarankan sebab hal itu dapat menjadi daya tarik pengunjung ucapnya. Apalagi mendekati puncak acara, para tamu-tamu dari berbagai provinsi se Indonesia akan menghadiri puncak Haornas nanti.

“Insya Allah sudah mulai berdatangan ke kalsel. Hari ini juga sudah mulai banyak yang berdatangan,” kata dia.

Sekitar 30 UMKM akan meramaikan pameran bazar yang berlangsung hingga puncak Haornas pada 8 September nanti. Biaya yang dipatok pun terjangkau dan pelaku UMKM dibebaskan untuk berbagi stand bersama.

“Satu tenda bisa diisi dua hingga tiga UMKM. Kalau tenda kecil cuma 500 ribu rupiah, jadi mereka sama-sama mengisinya,” paparnya

Walau ditujukan untuk seluruh UMKM di Kalsel, namun karena area yang terbatas, maka hanya beberapa saja yang bisa mengisinya. Sebelumnya ujar Birhasani, pelaku UMKM mendaftarkan diri untuk bisa menjadi bagian dari acara tersebut.

“Kami tawarkan lewat grup-grup UMKM, begitu juga melalui website seperti media sosial. Mereka kami arahkan mendaftar ke event organizer yang ditugaskan dalam kegiatan ini,” ungkapnya

Dalam pameran bazar ini, Dinas Perdagangan Kalsel bekerja sama dengan beberapa instansi swasta seperti Teh Pucuk Harum dan Bank Kalsel.

“Sebenarnya masih banyak peminatnya, kemudian tenda juga terbatas. Ini pun dibantu oleh perusahaan, sehingga kita bisa menekan biaya semurah-murahnya yang bisa dijangkau oleh UMKM,” tutupnya.

Baca Juga: Pedagang Pasar Subuh Pindah, Tak Ada Biaya Lapak

Baca Juga: Kalsel Makin Panas, BPBD Tambah Satu Heli Lagi

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner