Kalsel

Dini Hari, Kebakaran Hebat di Tanbu Hanguskan Tiga Ruko

apahabar.com, BATULICIN – Kebakaran hebat menghanguskan tiga rumah toko (ruko) di Jalan Raya Kampung Baru, Desa…

Featured-Image
Petugas pemadam kebakaran berjuang keras melakukan pemadaman di area rumah toko, kawasan Simpang Empat, Selasa dini hari. Foto: Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Kebakaran hebat menghanguskan tiga rumah toko (ruko) di Jalan Raya Kampung Baru, Desa Sejahtera, Kecamatan Simpang Empat, Tanah Bumbu, Selasa (03/09) dini hari.

Kebakaran yang terjadi sekira pukul 04.30 menyebabkan tiga ruko yang terdiri dari empat toko ludes dilalap si jago merah. Kerugian akibat kebakaran diprediksi mencapai miliaran rupiah.

Kabid Pemadam Kebakaran, Muhkyar Rasyid, yang menerima laporan dari warga langsung mengerahkan 29 anggota pemadam kebakaran. Api baru bisa dipadamkan dua jam kemudian.

“Penyebabnya diduga karena arus pendek. Api sudah dapat dikuasai pukul 06.34. Lalu dilanjutkan pendinginan sampai pukul 07.55,” ungkapnya, kepada bakabar.com.

Sumber media ini mengungkapkan pemilik salah satu ruko tersebut adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tanah Bumbu, H. Daus dan seorang tokoh masyarakat bernama H. Hairuddin Ambo Tang.

Di dalam tiga ruko tersebut dibuka beberapa toko, di antaranya toko jam H. Riduan, toko obat dan kosmetik H.Masyani, toko Sembako Akhmad Gabau dan toko ponsel milik H.Udin Ambo Tang.

Sejumlah warga menduga pemicu kebakaran diduga karena jaringan instalasi listrik yang sudah tua. Karenanya, warga mengimbau kepada pihak terkait untuk meng-upgrade instalasi listrik di kawasan itu.

“Kabelnya banyak lapuk dan telanjang hingga rawan korslet,” sebut Abdul Muhaiming Siddiq, warga setempat.

Miming Boy, sapaan akrabnya, juga mengingatkan agar tetap waspada. Apalagi saat ini masih musim kemarau di mana potensi kebakaran sangat tinggi.

“Saat ini sangat rentan. Percikan api saja dapat mengakibatkan kebakaran,” katanya.

Baca Juga:Bantu Korban Kebakaran di Kelampayan, PC IPNU Banjar: Luka Mereka, Duka Kita Bersama

Baca Juga:Per Agustus 2019, Intensitas Kebakaran di Banjarmasin Meningkat 3 Kali Lipat

Baca Juga: Wartawan Tala Serahkan Kompor untuk Korban Kebakaran

Reporter: Puja Mandela
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner