Harjad Banjarmasin

Berkiblat pada Kewiraswastaan Baru, Kick Off Harjad Banjarmasin ke-493 Dimulai

apahabar.com, BANJARMASIN – Suasana malam boleh mendung. Namun semangat puluhan masyarakat, muda hingga tua tak surut….

Featured-Image
Serangkaian hiburan menarik akan ditampilkan dalam perayaan Hari Jadi Banjarmasin ke-493 yang dihadiri langsung oleh Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina dan Wakil Wali Kota H Hermasnyah itu, antara lain Festival Budaya Islam 1441 H, tahun 2019. Foto-apahabar.com/Bahaudin

bakabar.com, BANJARMASIN – Suasana malam boleh mendung. Namun semangat puluhan masyarakat, muda hingga tua tak surut.

Mereka kompak memeriahkan Kick Off Hari Jadi Banjarmasin ke-493 di halaman Rumah Sasirangan Kreatif, Jalan Ahmad Yani, Sabtu (31/08) malam.

Kick Off dikemas berbarengan dengan Festival Budaya Islam 2019. Berbagai macam karya seni ditampilkan. Mulai seni tari, hingga musik daerah. Pembukaan launching-nya tak kalah meriah.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina bersama Istri membakar api berbentuk angka 493, pertanda Kick Off dimulai.

Usai membuka, Ibnu menilai perayaan hari jadi tahun ini berbeda dari tahun kemarin.

Sebulan lamanya sejak September lalu, 16 kegiatan disiapkan. Puncak perayaan hari jadi berkiblat pada kewiraswataan baru.

Arahnya sesuai dengan 3 visi-misi Kota Banjarmasin. Yakni, berfokus ke sungai sebagai urat nadi transportasi dan perkembangan pariwisata.

Lalu, wirausaha baru berbasis UMKM. Untuk mengembalikan konsep Banjarmasin, sebagai kota dagang dan layanan publik berbasis Smart City.

“2 tahun lalu, Harjad Banjarmasin kita angkat momentumnya berfokus ke sungai. Kemudian 1 tahun lalu kita ke layanan publik berbasis Smart City, sedangkan sekarang 493 wirausaha baru,” ujar Ibnu.

Maka tak heran Kick Off dilakukan tepat di samping Flyover Banjarmasin yang dimodifikasi jadi pusat oleh-oleh khas Kota Seribu Sungai.

Selama ini ada sekitar 100 wirausaha baru yang menetap di sana. Dibina dan dikerucutkan oleh Pemkot Banjarmasin. Mereka bersinergi dalam memproduksi souvenir, makanan serta usaha lain yang terbarukan.

Semua produk tersebut diseleksi dan dikelola kembali. Sehingga membentuk satu brand baru bernama Baba (Banjarmasin Baiman).

“Itulah yang menjadi payung untuk kewirausahaan baru kita. Terutama produk makanannya. Sangatlah layak dijadikan oleh-oleh bagi siapapun yang datang ke Banjarmasin,” tutur eks anggota DPRD Kalsel itu.

Di akhir dimulainya Kick Off, Ibnu Sina mengatakan Pemkot Banjarmasin takkan lepas tangan dalam membina wirausaha baru.

Sampai mereka bisa mandiri, di bawah kepemimpinannya, Pemkot akan terus mendampingi. Serta mencarikan permodalan dan market produk.

Kick Off sendiri akan dilanjutkan oleh 16 kegiatan lainnya. Yang digelar sampai malam puncak hari jadi ibu kota provinsi Kalimantan Selatan itu.

"Semoga masyarakat Banjarmasin bertambah antusiasnya untuk meramaikan, memeriahkan rangkaian Hari Jadi Kota Banjarmasin," harap Ibnu Sina. (Adv)

Baca Juga: HUT Banjarmasin Ke-493, Pemkot Banjarmasin Undur Lomba Bakudak

Baca Juga: Direspon Pemprov Kalsel, KAMM Optimis Bantu Kembangkan Pariwisata

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner