Kalsel

SMSI Kalsel Siap Tertibkan Media Siber

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebanyak 20 orang pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalimantan Selatan (Kalsel) periode 2019-2024 hari…

Featured-Image
Pengurus SMSI Kalsel baru saja dilantik. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

bakabar.com, BANJARMASIN - Sebanyak 20 orang pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalimantan Selatan (Kalsel)periode 2019-2024hari ini, Sabtu (3/8/2019) resmi dilantik di Hotel Aria Barito Banjarmasin.

Ketua Dewan Pengurus SMSI Kalsel, Milhan Rusli mengatakan, setelah dilantik pihaknya akan mulai menertibkan media-media siber yang ada di Kalsel.

“Sebelumnya kita akan mendata jumlah media-media di Kalsel, selanjutnya kita akan bantu verifikasi. Saat ini untuk memasukkan penawaran pada instansi rata-rata akan di tanyakan verifikasi, kita akan bantu disitu,” kata Milhan ditemui usai pelantikan.

img

Milhan Rusli, Ketua SMSI Kalsel. Foto-bakabar.com/Rizal Khalqi

Sementara itu, mewakili Ketua SMSI Pusat Kepala Bidang Departemen Hubungan Antar lembaga Indonesia, Yono Hartono mengatakan, berdirinya SMSI menjadi kontrol pesatnya pemberitaan media siber di Indonesia.

Walau menurut Yono Hartono, 30 persen masyarakat Indonesia lebih suka mendengarkan informasi dibanding membaca, berita yang disebarkan media online tidak kalah penting karena informasi yang disampaikan lebih detil.

“Masyarakat itu akan lebih detil melihat, walau kebanyakan masyarakat lebih suka mendengarkan,” katanya dalam pidato sambutan.

Hadir dalam pelantikan Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Siswansyah. Mewakili Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, pihaknya mengapresiasi hadirnya organisasi SMSI di Kalsel.

Siswansah juga berharap, SMSI bisa menangkal semua pemberitaan hoaks yang ada di Kalsel.

“Sekarang berita media online bisa sekejap di akses dimana saja. Sampai ke buncu (ujung) desa pun bisa di akses,” sebutnya membacakan sambutan Gubernur Kalsel.

Mudah dan murahnya akses dunia maya disebut memberikan 2 efek yang bertolak belakang bagi mereka yang mengakses. Siber bisa mencerdaskan dan bisa pula menyesatkan.

“Pemberitaan hoaks ini sangat membahayakan, karena akan memunculkan konflik dalam masyarakat. Nah ini tugas SMSI untuk menangkal itu,” tuturnya.

Untuk diketahui, pelantikan pengurus SMSI Kalsel tak lepas dari dukungan penuh Bank Kalsel dan PT Adaro.

Baca Juga: Paman Birin Apresiasi Keberadaan SMSI Kalsel

Baca Juga: Ibnu Sina Sambut Baik SMSI Kalsel

Baca Juga: FKPT dan SMSI: Membendung Hoax dengan Kearifan Lokal

Reporter: Rizal KhalqiEditor: Syarif



Komentar
Banner
Banner