Dishut Kalsel

KPH Cantung Gelar Sosialisasi Pengadaan Tanah dan Pencegahan Karhutla

apahabar.com, CANTUNG – Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Cantung menggelar kegiatan sosialisasi pengadaan tanah dan pembangunan gedung….

Featured-Image
Kegiatan sosialisasi pengadaan tanah untuk rencana pembangunan Kantor KPH. Sumber Foto-Humas Dishut Pemprov Kalsel

bakabar.com, CANTUNG – Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Cantung menggelar kegiatan sosialisasi pengadaan tanah dan pembangunan gedung. Disamping itu, tak ketinggalan sosialisasi pencegahan Karhutla.

Hadir dalam acara tersebut adalah Camat, Kapolsek, Danramil, kepala desa dari Kelumpang Hulu, Hilir, Barat dan Hampang, serta beberapa perusahaan.

Kepala KPH Cantung, Munandar menjelaskan rencana pembangunan gedung KPH Cantung yang berada di Desa Sungai Kupang.

“Rencana pembangunannya di atas tanah seluas sekitar 1 hektare” ujarnya dalam kegiatan sosialisasi pengadaan tanah beberapa waktu lalu.

Sesi berikutnya, diisi dengan sosialisasi pencegahan Karhutla yang disampaikan Kasi Perlindungan Hutan KPH Cantung, Dani Prasetyo.

Peserta hadir sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini dapat dilihat pada sesi diskusi yang cukup hidup.

Dalam diskusi oleh peserta disarankan untuk mencatat atau menginventariskan keberadaan alat berat, baik yang dimiliki perusahaan maupun pemerintah.

Dan mengenai pencegahan Karhutla, peserta menyarankan untuk menyiapkan alat yang diperlukan guna tindakan ke depan jika terjadi kebakaran besar dan susah ditangani.

“Dari kegiatan tersebut diperoleh kesepakatan tindak lanjut hasil sosialisasi, yaitu kepala desa diminta membuat peraturan desa tentang Karhutla” ujar salah seorang peserta.

Selain itu ia mengharapkan untuk kepala desa segera membentuk MPA di setiap desa.

“Agar sistem jejaring komunikasi guna pencegahan lebih dini kejadian Karhutla dan aparat terkait yang direncanakan dapat membentuk posko Karhutla bersama,” ujarnya lagi.

Kemudian, lanjut dia, pihak perusahaan juga akan membantu peralatan secara mobile.

Baca Juga: Baru Tiga Kasus Karhutla di Kalsel Naik Tahap Penyidikan

Baca Juga: Tambah 2 Heli, BPBD Kalsel Siap Atasi Puncak Karhutla

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner