Kalsel

Ketua DPRD Banjarmasin Sorot Kebakaran Alalak

apahabar.com, BANJARMASIN – Kebakaran hebat di Gang Setuju RT 05 dan Gang Mufakat RT 06, Banjarmasin…

Featured-Image
Belasan rumah di Jalan Alalak Selatan, Banjarmasin terbakar Rabu sore. Foto-apahabar.com/Rizal

bakabar.com, BANJARMASIN – Kebakaran hebat di Gang Setuju RT 05 dan Gang Mufakat RT 06, Banjarmasin Utara menyita perhatian wakil rakyat. Apalagi dalam musibah itu ratusan jiwa terpaksa harus kehilangan tempat tinggal.

"Kalau BPK Kota Banjarmasin mampu memadamkan api saja tentu tidak cukup. Nantinya kita akan bantu mereka tingkatkan perannya agar tidak hanya menjadi Barisan Pemadam Kebakaran, tapi menjadi Barisan Pencegah Kebakaran," kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin, Hj Ananda, Rabu (21/8).

Dia menjelaskan, para anggota BPK nantinya tidak hanya lihai menjinakkan si jago merah. Mereka juga dilatih untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat guna meminimalisir musibah kebakaran yang terjadi di lingkungan tempat tinggal.

Bahkan kalau perlu sosialisasi yang dilakukan tidak hanya BPK, namun dapat berkolaborasi dengan instansi terkait, salah satunya Perusahaan Listrik Negara (PLN). Hal ini mengingat musibah kebakaran yang terjadi di Kota Banjarmasin kebanyakan dipicu persoalan listrik.

img

Ketua DPRD Banjarmasin, Hj Ananda. Foto-Istimewa

"Dalam sosialisasi itu BPK nanti materinya lebih kepada mencegah agar kebakaran tidak terjadi dan apa saja yang harus dilakukan masyarakat bila musibah kebakaran terjadi kepada mereka. Lalu kalau PLN mungkin materi yang lebih teknis untuk menghindari korsleting listrik di rumah," jelasnya.

"Jadi peran BPK ini nantinya tidak hanya ada saat ada kejadian saja, namun juga dapat melakukan langkah-langkah antisipasi supaya kejadian kebakaran dapat ditekan hingga tidak terjadi," tambahnya lagi.

Dengan sosialisasi yang intensif dari BPK, ia meyakini kejadian musibah kebakaran bisa ditekan di Kota Banjarmasin. Dengan demikian maka masyarakat tidak terus-terusan dirugikan akibat musibah kebakaran, baik itu dalam hal materi hingga masalah yang menyangkut nyawa manusia.

"Kami di legislatif siap membantu membicarakan bagaimana teknis penganggaran sosialisasi ini bersama Pemko Banjarmasin. Kalau perlu bukan hanya BPK saja yang kita libatkan dalam sosialisasi nantinya, tapi juga pihak terkait seperti PLN maupun Organisasi kemasyarakatan lainnya," tukasnya.

Baca Juga: Kebakaran Hebat di Alalak, Ratusan Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Baca Juga: 21 Rumah Ludes, Kebakaran Hebat di Alalak Diduga Dipicu Korsleting

Baca Juga: Alalak Membara, Warga Kesulitan Padamkan Api

Baca Juga:Alalak Membara, Belasan Rumah Ludes Terbakar

Reporter: Rizal KhalqiEditor: Syarif



Komentar
Banner
Banner