Kalsel

Jokowi Sumbang Sapi Limosin untuk Kurban di Masjid Sabilal Muhtadin

apahabar.com, BANJARMASIN – Pada perayaan Iduladha 1440 Hijriah Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut menyumbang sapi kurban…

Featured-Image
Ilustrasi sapi jenis limosin Foto – Antara/Rudi Mulya

bakabar.com, BANJARMASIN - Pada perayaan Iduladha 1440 Hijriah Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut menyumbang sapi kurban untuk Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Tahun ini, Jokowi menyumbangkan seekor sapi berjenis Limosin. Sapi potong yang rata-rata memiliki bobot lebih dari 1 ton ini memang dikenal memiliki kualitas yang unggul.

Baca Juga: Dibeli Jokowi Rp85 Juta, Tyson Disembelih Hari Raya Kurban Nanti

"Untuk bantuan presiden. Insyaallah besok (Sabtu) akan datang," ucap Ketua Panitia Iduladha 1440 Hijriah dan Ibadah Kurban, Fahruzaini saat ditemui di Sekretariat Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Jumat (09/08) pagi.

Selain presiden, beberapa jamaah juga turut menyumbangkan hewan kurban ke Masjid Provinsi ini. Masjid Sabilal telah menerima 12 ekor sapi, serta 8 ekor kambing dari beberapa instansi. Tercatat hingga H-2 Idul Adha, setelah ditotal ada 16 ekor sapi yang akan dikurbankan.

"Beberapa yang telah melaporkan yaitu dari pemprov, pak Gubernur ada dua ekor, kemudian dari BPost satu ekor dan satu dari Presiden," sebutnya.

Dari tradisi tahunan yang telah digelar sebelumnya, Masjid Raya Sabilal Muhtadin selalu melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan kurban sehari setelah hari raya Iduladha. Sehingga penyerahan oleh Gubernur akan dilakukan secara simbolis saat pelaksanaan Salat Id.

"Pelaksanaannya hari senin. Biasanya hari ke 11 (Dzulhijah) atau satu hari setelah hari raya Iduladha," jelasnya.

Dikatakannya, belasan hewan kurban akan tiba dalam kurun waktu berbeda. Apabila bantuan Presiden akan datang besok, begitupun sumbangan dari Gubernur Kalsel. Namun, transaksi pembelian sapi dari Jemaah akan dilakukan oleh panitia pada minggu sore.

"Pelaksanaan (sembelih) nya dalam satu hari, begitupun dengan pembagiannya," terangnya

Panitia pelaksana Ibadah Kurban Masjid Raya Sabilal Muhtadin sudah membagikan 3 ribu kupon daging kurban. Pembagian akan dilaksanakan mulai pukul 14.00 - 16.00.

"Insyaallah cukup. Untuk teknisnya kita serahkan kepada RT di Lingkungan Masjid Raya, kemudian melalui karyawan dan pengurus yang ada di badan pengelola untuk perwakilan membagi kepada dhuafa yang datang," tutupnya.

Baca Juga: Salat Id di Sabilal Muhtadin, Paman Birin akan Serahkan Sapi Kurban

Reporter: Musnita Sari
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner