Kalsel

H-2 Hari Raya Kurban, Hewan Kambing Sepi Peminat

apahabar.com, BANJARBARU – Meski harga hewan sapi kurban mengalami kenaikan, namun permintaannya masih tinggi. Sebaliknya, hewan…

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Net

bakabar.com, BANJARBARU – Meski harga hewan sapi kurban mengalami kenaikan, namun permintaannya masih tinggi. Sebaliknya, hewan kambing masih sepi peminat.

H-2 jelang Iduladha, harga sapi kurban naik Rp2 juta hingga Rp3 juta per ekor. Jika sebelumnya dilepas Rp13 juta, maka kini jadi Rp15 juta hingga Rp16 juta per ekor.

Baca Juga: Tebar Kebahagiaan, Syukuran Qurban Akan Hadir di Pulau Bromo Banjarmasin

Meski demikian, permintaannya naik signifikan. “Saat ini, harga sapi kurban relatif lebih mahal dibandingkan harga tahun sebelumnya, tapi permintaan justru lebih banyak,” kata pemilik kandang hewan sapi di Jalan Angkasa Gang Manggis Nurhamid seperti dikutip dari Antara, Kamis (8/8).

Dari 50 ekor lebih yang ia sediakan sudah terjual dan habis dipesan orang. Kondisi sebaliknya, justru terjadi pada penjualan kambing.

Pedagang kambing mengaku mengalami penurunan yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Pemilik Istana Kambing “Imaroh” Salahuddin mengatakan, omzet penjualannya turun drastis.

Hal itu bisa dilihat dari jumlah kambing yang tersedia di kandangnya masih cukup banyak, pada dua hari jelang hari raya kurban.

“Biasanya tiga hari menjelang Idul Adha, kambing yang tersisa sedikit. Tetapi sekarang kambing yang belum terjual masih banyak, ” ujarnya di tempat usahanya Jalan A Yani Km 23 Banjarbaru.

Ia mengatakan persediaan kambing yang didatangkan dari luar daerah jenis peranakan Ottawa sebanyak 350 ekor. Dan semua ditempatkan dalam kandang yang terletak di tepi ruas jalan protokol tersebut.

Ditambahkannya, jumlah kambing kurban yang disiapkan berkurang dibanding tahun sebelumnya sebanyak 500 ekor. Pengurangan itu dilakukan sesuai prediksi makin berkurangnya peminat kambing.

“Sehingga persediaan juga kami kurangi. Namun kami optimistis pembeli banyak datang dan membeli satu dua hari ke depan,” ucapnya.

Mengenai harga kambing per ekor relatif mengalami kenaikan berkisar Rp100 ribu hingga Rp300 ribu jika dibandingkan tahun lalu. Harga per ekor sekarang mulai dari Rp2,4 juta hingga Rp4 juta.

“Ada rupa, ada harga dan pembeli bisa langsung datang ke kandang untuk membeli sesuai kemampuan. Kami juga menyiapkan pengantaran kambing kurban hingga ke rumah pembeli,” pungkasnya.

Baca Juga: Bahagiakan Mualaf di Meratus, Karin PD Ajak Patungan Qurban

Sumber: Antara
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner