Tak Berkategori

Tingkatkan Pelayanan Dinas PMPTSP Sediakan Fasilitas Ruang Bermain Anak

apahabar.com, KANDANGAN – Ruang bermain anak menjadi bagian penting saat ini di kantor layanan publik. Solusi…

Featured-Image
Bupati H Achmad Fikry, saat meninjau ruang bermain anak di Dinas PMPTSP. Foto – Humas HSS for apahabar.com

bakabar.com, KANDANGAN – Ruang bermain anak menjadi bagian penting saat ini di kantor layanan publik.

Solusi penyediaan ruang bermain anak menurut Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Ir Hj Elyani Yustika merupakan jawaban dari kerapnya ibu-ibu mengurus perizinan dengan membawa serta anak balita (bawah lima tahun).

Tujuannya ialah, agar orang tua yang datang mengurus izin, seperti SIUP, TDP, Izin Bangunan, TDPUP dan yang lainnya, bila membawa anak maka telah disediakan ruang bermain untuk anak-anak mereka.

“Kami menyediakan pojok bermain sebelah kanan dari pintu masuk PMPTSP, ini setidaknya membuat anak nyaman ikut dengan ibunya mengurus perizinan,” kata Hj Elyani di sela-sela peresmian fasilitas pelayanan publik oleh Bupati HSS, H Achmad Fikry, Senin (8/7).

Hj Elyani juga mengatakan selain pojok bermain,pihaknya juga menyediakan tempat khusus bagi penyandang disabilitas, rehab toilet (umum dan disabilitas), serta pengadaan kursi roda.

“Alhamdulillah tahun 2018 Tim Kemenpan RB melaksanakan penilaian terhadap 3 SKPD pelayanan publik (Dinas PMPTSP, Dukcapil dan RSUD Brigjen H Hasan Basry Kandangan) dengan mendapat penghargaan predikat kategori baik dan dari Ombudsman dengan tingkat kepatuhan tinggi (92,53)," katanya.

Hj Elyani Yustika berharap Dinas PMPTSP Kabupaten HSS bisa terus meningkatkan nilai pelayanan publik dari Kemenpan RB di tahun 2019 ini menjadi nilai predikat A sehingga bisa menambah dana insentif daerah sebagai bentuk reward.

Diketahui, tak hanya Dinas PMPTSP Kabupaten HSS yang memiliki ruang bermain anak, fasilitas umum lainnya seperti puskesmas yang ada di HSS juga dilengkapi dengan ruang bermain anak. Meskisederhana penambahan fasilitas ini diharapkan mampu membuat anak-anak nyaman bermain di Puskesmas dan menjadi Puskesmas ramah anak.

“Fasilitas bermain anak dapat mengubah mindset anak-anak terhadap Puskesmas. Ketika anak-anak sakit dapat dengan mudah diajak untuk berobat di Puskesmas,” kata Laila Latifah Kepala Puskesmas Simpur.

Baca Juga: Bupati HSS Resmikan Fasilitas Pelayanan Baru di Dinas PMPTSP

Baca Juga: Intip Hadiah Pemkab HST untuk Gimar!

Reporter: Simah
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner