Kalsel

Minat Umrah Meningkat, Pemohon Paspor di Banjarmasin Melonjak

apahabar.com, BANJARMASIN – Sudah bukan rahasia lagi, untuk menunaikan ibadah haji harus bersabar menunggu antrean daftar…

Featured-Image
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, Syahrifullah. Foto – apahabar.com/Eddy Andriyanto

bakabar.com, BANJARMASIN – Sudah bukan rahasia lagi, untuk menunaikan ibadah haji harus bersabar menunggu antrean daftar tunggu yang cukup lama dan panjang. Di Banjarmasin, kini warga mulai ramai memilih umrah sebagai solusi agar bisa beribadah ke tanah suci Makkah.

Bahkan sejumlah pihak menilai umrah atau haji kecil telah menjadi ibadah yang lagi tren atau sedang naik daun. Kini, di beberapa sudut Kota Banjarmasin, agen travel perjalanan mulai menjamur dengan beragam promo yang ditawarkan.

Baca Juga: Ratusan Calon Jemaah Haji Tanbu Berangkat ke Banjarbaru

Tak pelak, trend ibadah umrah ini pun telah mendongkrak pemohon pembuatan paspor. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin Syahrifullah menyebutkan, dalam sehari masyarakat yang datang ke kantor Imigrasi untuk membuat paspor mencapai ratusan.

“Jika sebelumnya berkisar 50 hingga 100 pemohon paspor, kini naik drastis. Bisa mencapai 170 pemohon setiap harinya. Angka ini kita yakini akan terus naik,” ujar Syahrifullah kepada Reporter bakabar.com saat ditemui usai sosialisasi imigrasi di Hotel Tree Park Banjarmasin, Kamis (18/7).

Saat ditanya faktor apa yang mempengaruhi kenaikan pemohon paspor, Syahrifullah membeberkan salah satu penyebabnya, yakni adanya kemudahan bagi masyarakat untuk melaksanakan ibadah umrah.

“Rata-rata pemohon itu untuk umroh. Selama ini kan hajinya susah. Jadi berbondong bondong lah mereka yang hendak umrah,” ucap Syahrifullah.

Baca Juga: Lepas 28 Personil Calon Jemaah Haji, Ini Pesan Kapolda Kalsel

Dikatakannya, Proses pembuatan dan pengurusan administrasi paspor tidak rumit dan akan selesai dalam tiga hari. "Setelah semua persyaratan lengkap dan melakukan pembayaran," pungkasnya.

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner