Kalsel

Menggali Potensi Lewat Bursa Inovasi Desa

apahabar.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar gelar Bursa Inovasi Desa tingkat Kecamatan, Kamis (25/07/2019). Ajang…

Featured-Image
Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur bersama dengan Instansi terkait melihat hasil dari inovasi desa. Foto-Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar gelar Bursa Inovasi Desa tingkat Kecamatan, Kamis (25/07/2019). Ajang ini diikuti perwakilan empat kecamatan.

Antara lain Martapura Kota, Sambung Makmur, Telaga Bauntung, dan Sungai Pinang.

Acara tersebut digelar di Kantor Kecamatan Martapura Kota. Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, Kapolsek Martapura Kota, AKP Boma dan Instansi terkait.

Pada kegiatan tersebut, H Saidi Mansyur menyampaikan, kegiatan tersebut adalah ajang silaturahmi bagi desa-desa untuk menggali potensi mereka masing-masing. Disamping itu, katanya, juga untuk kemandirian bertukar informasi.

"Mudah-mudahan dari kegiatan ini dapat memberikan informasi yang baik satu sama lain, bisa menggali lagi potensi-potensi desa guna mensejahterakan masyarakat," tutur Saidi.

Dalam kegiatan tersebut para pembakal berserta aparat desa perlu dorongan dari pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan agar bisa berperan aktif.

"Untuk itu, kita berpesan agar dalam kegiatan ini dapat mejalin komunikasi yang aktif dari desa dan kecamatan, karena camat adalah pembina langsung untuk menjalankan roda pemerintahan desa," terangnya.

Dirinya kembali mengingatkan, agar tidak ada terjadi miskomunikasi antara desa-desa. Karena dapat menghambat pembangunan.

"Jika sudah di pemerintahan desa sendiri ada miskomunikasi, mereka akan terkendala dalam membangun, menyelenggarakan, dan menyerap anggaran desa itu sendiri," katanya.

Selain itu Saidi mengatakan, pihaknya ingin desa-desa yang ada di Kabupaten Banjar membuka diri dan tidak segan-segan untuk menyerap tenaga. Mengingat angka penganggurang di sana masih banyak.

"Mungkin dengan itu bisa mengurangi pengangguran ditempat kita," pungkasnya.

Baca Juga: Duh, Sebagian Warga Desa Binarawa Tanbu Masih BAB di Sungai

Baca Juga: Percepat Reformasi Birokrasi, Kemenpan RB Adakan Workshop di Kalsel

Baca Juga: Pria di Pasar Baru Nyaris Mampus di Tangan Musuh Bebuyutan

Baca Juga: Menghadapi Kemarau, Alat Pemantau Kualitas Udara Banjarmasin Rusak

Reporter: AHC 15
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner