Kalsel

Lepas Merpati, Tanda Festival Budaya dan Pariwisata Kalsel Dimulai

apahabar.com, BANJARMASIN – Pembukaan Festival Budaya dan Pariwisata Kalimantan Selatan (Kalsel) ditandai dengan pelepasan burung merpati…

Featured-Image
Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kalsel, H Heriansyah mencoba permainan Balogo. Foto – apahabar.com/Musnita Sari

bakabar.com, BANJARMASIN - Pembukaan Festival Budaya dan Pariwisata Kalimantan Selatan (Kalsel) ditandai dengan pelepasan burung merpati dan balon helium di Taman Siring 0 Kilometer, Kamis (4/7) Sore.

Gubernur Kalsel yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kalsel, H Heriansyah, membuka secara resmi festival yang digelar pada 4 - 6 Juli 2019.

"Pelaksanaan festival kali ini bertepatan dengan penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional ke-26. Ini menjadi kesempatan untuk memperkenalkan budaya Banjar serta mempromosikan pariwisata di Kalimantan Selatan," ucap Heriansyah dalam sambutannya.

Heriansyah berharap kegiatan ini membawa pengaruh positif di sektor pariwisata serta mampu menarik para investor guna mendorong perkembangan ekonomi di Kalsel.

"Hari ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, bisa nanti mereka akan menceritakan kepada seluruh Indonesia bahwa Kalimantan Selatan penuh dengan budaya dan pariwisata," kata Heriansyah kepada awak media.

Budaya tradisional Banjarmenurutnya, merupakan tradisi yang diwariskan secara turun temurun. Di dalamnya mengandung nilai-nilai filosofi, simbol dan nilai religius yang mengandung pesan moral yang bermanfaat bagi kehidupan.

"Budaya Banjar yang kita miliki adalah identitas suku bangsa Banjar yang harus kita jaga dan lestarikan. Kita harus menjadi masyarakat yang cerdas yaitu terbuka akan budaya yang lain," ujarnya.

Usai memberikan sambutan, Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, H Dahnial Kifli beserta jajaran Forkopinda Kalsel bergabung ke atas panggung untuk mendampingi prosesi pelepasan burung merpati dan balon helium.

Berikutnya, Heriansyah dan rombongan menyempatkan diri untuk berkeliling di area Festival. Pertama yaitu mencoba permainan tradisional Banjar, balogo. Kemudian berkunjung ke stand yang berasal dari kabupaten/kota se Kalsel.

Untuk rangkaian acara, nantinya akan ada festival kopi dan kuliner khas Kalsel. Serta lomba-lomba menarik seperti pawai budaya, fashion karnaval, becak hias, balogo dan bagasing, sepeda antic dan masak saluang. Turut meramaikan acara, juga akan ada penampilan Bintang Pantura yaitu Lilis Darawangi.

img

Peresmian Pembukaan Festival Budaya dan Pariwisata dengan melepas burung merpati dan balon helium. Foto - bakabar.com/Musnita Sari

Reporter: Musnita SariEditor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner