Kalsel

Kemarau, Warga Banjarmasin Diminta Waspada Kebakaran

apahabar.com, BANJARMASIN – Memasuki musim kemarau, warga kota Banjarmasin diminta lebih waspada terhadap musibah yang akan…

Featured-Image
Banjarmasin menjadi wilayah rentan terjadinya kebakaran di musim kemarau.  Foto- Dok apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Memasuki musim kemarau, warga kota Banjarmasin diminta lebih waspada terhadap musibah yang akan muncul disebabkan cuaca panas di sepanjang rentan waktu beberapa bulan ke depan.

Musibah kebakaran menjadi faktor utama yang harus diperhatikan oleh warga, sebab Banjarmasin sangat rentan akan musibah kebakaran.

Dikemukakan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Damkar Kota Banjarmasin, Hermansyah, ia mengatakan Banjarmasin menjadi kota yang rentan akan kebakaran.

“Di Banjarmasin ini begitu sering kebakaran, listrik menjadi salah satu masalah penyebab kebakaran. Instalasi listrik, baik itu kabel sering diabaikan oleh pemilik rumah, apalagi instalasi kabel listrik kita itu sudah berumur kurang lebih 20 tahun, jadi warga mesti berhati-hati dan tetap waspada,” tuturnya kepadabakabar.com.

Baca Juga: Urgent!! Kota Banjarmasin Butuh Hydrant

Hermansyah menyebut, pihaknya dalam menghadapi musim kemarau atau tidak pada musim kemarau tetap melakukan cek ke hydrant untuk memastikan kesiagaan.

“Ada tim khusus mencek hydrant, itu ada kita anggarkan, mereka mencek hydrant yang ada se kota Banjarmasin. Ada kurang lebih sebanyak 50 hydrant di Banjarmasin, yang jadi masalah itu aliran air PDAM yang menjadi satu dengan hydrant, sehingga air itu keluarnya serat atau tidak lancar. Itu kami dapati di Banjarmasin Selatan dan Banjarmasin Utara,” ungkapnya.

Ia mengungkap, air hydrant yang serat apalagi waktu diawal pemasangan sama dengan aliran umum menjadi satu penyebab air hydrant kurang optimal.

“Dari 50 hydrant yang ada, 20 yang tidak berfungsi, namun sudah diperbaiki, tinggal airnya saja lagi keluarnya tidak deras. Di musim kemarau ini kita semua harus lebih hati-hati,” tutupnya.

Baca Juga: Pemkot Kepayahan Audit Ratusan Gedung di Banjarmasin

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner