Kalsel

Harganas 2019, Dinkes Kalsel Gelar Baksos Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bersama

apahabar.com, BANJARBARU – Dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2019, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Selatan…

Featured-Image
Kegiatan baksos kesehatan dan keluarga berencana pada Harganas 2019 Kalsel di Gedung Bina Satria dan Aula Lenggangan kawasan Lapangan Murjani, Banjarbaru, Rabu (3/7). Foto – apahabar.com/Nurul Mufida

bakabar.com, BANJARBARU - Dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2019, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama sejumlah instansi terkait menyelenggarakan bakti sosial (baksos) dengan memberikan pelayanan KB, Iva Test, Sunatan Massal dan pencegahan resiko penyakit tidak menular (PTM) gratis untuk umum di gedung Bina Satria dan Aula Lenggangan, kawasan Lapangan Murjani, Banjarbaru, Rabu (3/7/2019).

“Kegiatan bakti sosial kesehatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Harganas, jadi kegiatan bidang kesehatan itu tidak hanya pada hari ini, untuk bakti sosial pelayanan kesehatan tetapi sampai tanggal 6 Juli,” ujar Kepala Dinkes Provinsi Kalsel, Dr HM Muslim.

Baca Juga: Harganas 2019; Acil Odah: Gaungkan Stunting Lebih Keras

Ia mengatakan untuk kegiatan di gedung Bina Satria dan aula Lenggangan khusus 3 Juli di antaranya Iva test, sadanis (pemeriksaan payudara klinis), sunatan massal, pemeriksaan resiko penyakit tidak menular dan donor darah.

“Jadi kalau kita lihat daftar pendaftar untuk seluruh kegiatan hari ini lebih dari 2000 pendaftar, Iva test nya saja sudah 1500 an, untuk sunatan massal 100 lebih, kemudian sadanis dan resiko penyakit tidak menular disiapkan 3000, jadi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan silahkan, gratis” lanjut Muslim

Karena bakti sosial ini masih dalam rangkaian Harganas, maka kegiatan ini berlangsung sampai 6 Juli dimana acara puncaknya akan diselenggarakan di area perkantoran Pemprov Kalsel.

“Sampai tanggal 6 juli, dilanjutkan tanggal 4,5,6 di Kantor Sekda di pos pelayanan terpadu, jadi disitu ada pelayanan kesehatan ada konsultasi terkait jantung, HIV, jiwa, dan stres segala macam itu ada pelayanan disana,” ujar Muslim.

Ia menjelaskan ada 4 rumah sakit yang turut sedia di sana, seperti RS Gigi Mulut, RS Ansari saleh, RS Ulin, dan RS Jiwa Sambang Lihum.

Kegiatan ini bertujuan dalam bentuk kepedulian Dinkes kepada masyarakat dalam momentum kegiatan Harganas.

“Kita mendapat kepercayaan nasional maka kegiatan-kegiatan kita berkolaborasi, jadi kita tidak hanya di bidang kesehatan tetapi workshop, seminar, dan lain sebagainya ini umum dan gratis,” sambungnya.

Senada dengan Muslim, Istri Gubernur Kalsel, Raudatul Jannah mengatakan dengan banyaknya rangkaian kegiatan harganas, salah satunya bakti sosial ini
menunjukkan kepedulian dan rasa kasih sayang kepada masyarakat yang memerlukan dan wujud dari kekompakan dan sinergitas semuanya.

“Dan ada lagi kegiatan-kegiatan yang intinya kita ingin menyemarakkan dan mensukseskan Hari keluarga Nasional, mari kita tunjukkan Kalsel sebagai tuan rumah yang baik,” ujar Raudatul.

Ia berharap semoga melalui rangkaian kegiatan Harganas masyarakat dapat tereduksi, termotivasi, serta menuju masyarakat yang meningkat derajat kesehatannya.

Baca Juga: Harganas 2019; Genre Indonesia Sampaikan KIE Dukung Pernikahan Ideal

Reporter: Nurul Mufida
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner