Nasional

Haji 2019; Calon Haji Diminta Jaga Kebugaran

apahabar.com, PADANG – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Barat (Sumbar) Hendri mengingatkan para calon jamaah…

Featured-Image
Ilustrasi, jamaah haji. Foto-net

bakabar.com, PADANG – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Barat (Sumbar) Hendri mengingatkan para calon jamaah haji agar giat berolahraga. Sebab menurutnya, ibadah haji menurut Hendri bukan hanya ibadah amaliah, tetapi juga banyak ibadah fisik yang menguras tenaga.

“Jamaah harus latihan fisik, olahraga, karena ibadah haji selain ibadah amaliah juga ibadah fisik,” kata Hendri seperti dilansirRepublika.co.id,Senin (1/7).

Contohnya, sambung Hendri, tawaf keliling Kakbah, melontar jumrah dan lain-lain. Dalam pelaksanaan tersebut selain di bawah terik matahari di Tanah Arab, juga berdesakan dengan para jamaah lain dari berbagai negara.

Untuk itu, kata Hendri, para jamaah harus dalam kondisi fisik yang sehat dan kuat supaya pelaksanaan ibadah rukun Islam ke lima ini tidak terganggu.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Pastikan Jamaah Haji Telah Istitoah

Baca Juga: Kemenkes Tambah Tenaga Kesehatan untuk Jemaah Haji

Hendri menyebutkan, Panitia Penyelengaraan Ibadah Haji (PPIH) telah menyediakan petugas medis yang akan mendampingi jamaah sejak dari Embarkasi Padang, selama pelaksanaan haji di Arab Saudi sampai kembali ke Tanah Air.

Hendri menyarankan, jamaah selalu melaksanakan petunjuk kesehatan dari dokter dan ahli kesehatan. Termasuk, jamaah haji perlu mengatur pola makan, minum dan juga olahraga.

“Jamaah harus menjaga kesehatan, jangan sampai gara-gara sakit ibadah jadi kurang maksimal,” ujar Hendri.

Agar jamaah tidak mengalami kesalahpahaman saat melaksanakan ibadah haji, sambungnya, Kanwil Kemenag Sumbar juga mengingatkan supaya mengulang dan membaca kembali buku petunjuk perjalanan dan buku panduan ibadah haji.

Sebelum berangkat ke tanah suci, setiap jamaah sudah mendapatkan materi manasik haji mulai sejak dari kabupaten dan kota masing-masing.

Baca Juga: Haji 2019; Kemenkes Berangkatkan Tim Advance Kesehatan

Baca Juga: Dinkes Ingatkan Calon Jemaah Haji Perhatikan Kesehatan

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner