Kalsel

Cuti Sehari Demi Menginspirasi Anak-Anak Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Berkontribusi dalam dunia pendidikan tidak semata hanya dimiliki oleh seorang guru yang notabenenya…

Featured-Image
Opening KI BJM 3 di SD Teluk Dalam 3 bersama istri Wali Kota Banjarmasin, Wasilah (tengah) pada tahun lalu. Foto-Kelas Inspirasi Banjarmasin for apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN - Berkontribusi dalam dunia pendidikan tidak semata hanya dimiliki oleh seorang guru yang notabenenya adalah seorang pengajar. Berbagai profesi dari bidang apapun dapat menyalurkan ilmu mereka lewat kegiatan relawan, salah satunya melalui Kelas Inspirasi (KI) Banjarmasin.

Lewat slogan 'Sehari Mengajar, Seumur Hidup Menginspirasi', KI Banjarmasin mengajak para professional dari lintas profesi untuk berbagi mengenai bidang yang mereka tekuni.

"Kami menyebutnya sebagai Inspirator yaitu para relawan yang mau meluangkan satu hari cuti untuk mengajar murid-murid SD mengenai profesi mereka sehari-hari," ungkap Panitia Rekrutmen Panitia Lokal KI Banjarmasin, Alica Novia S Noor kepadabakabar.combelum lama ini.

img

Beberapa inspirator dengan berbagai profesi mengajar di hari inspirasi KI Banjarmasin. Foto-Kelas Inspirasi Banjarmasin for bakabar.com

Kelas Inspirasi merupakan sebuah program dari Indonesia Mengajar yang pertama kali diadakan di Jakarta pada 2012 dan menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia sampai saat ini. Agenda tahunan ini memiliki satu program bernama Hari Inspirasi sebagai puncak pelaksanaan kegiatannya.

"Selain relawan pengajar, Kelas Inspirasi juga mengundang relawan dokumentator yang nantinya akan diberi kesempatan untuk mendokumentasikan momen pada Hari Inspirasi," kata Alica.

Untuk bergabung dalam kepanitiaan KI Banjarmasin, Alica memaparkan relawan sebelumnya harus melalui proses seleksi sesuai dengan kebijakan panitia lokal.

"Tahun ini kami merencanakan kembali untuk menyelenggarakan Hari Inspirasi pada 19 Agustus 2019 dengan target 9 sekolah di wilayah Banjarmasin dan sekitarnya. Untuk informasi lengkap bisa cek di instagram @ki_banjarmasin kak," jelasnya.

img

Beberapa inspirator dengan berbagai profesi mengajar di hari inspirasi KI Banjarmasin. Foto-Kelas Inspirasi Banjarmasin for bakabar.com

Sudah berjalan di tahun keempat, ia menyebut relawan pengajar dan dokumentator yang datang tidak hanya dari dalam kota, tapi beberapa juga berasal dari luar Kalimantan. Beberapa profesi yang pernah menjadi inspirator di antaranya Satgas Pemberantas Mafia Hukum, TNI-Polri, Pramugari, Jurnalis, Penulis, Penyiar Radio, Pegiat Konservasi Bekantan, hingga CEO Perusahaan.

Tahun lalu, Istri Wali Kota Banjarmasin, Wasilah, turun secara langsung mendukung kegiatan ini dalam pembukaan Kelas Inspirasi Banjarmasin 3 di SDN Teluk Dalam 3. Mewakili tim KI Banjarmasin, Alica berharap bukan hanya pihak pemerintah tapi tahun ini akan ada wajah-wajah baru yang mengisi sebagai relawan inspirator dan dokumentator.

"Kita buka pendaftaran sampai dengan 23 Juli 2019. Bisa cek di sosial media KI Banjarmasin atau hubungi di 0858-4555-1003," ujarnya.

Baca Juga: Peringati Hari Anak, Best Western Kindai Hotel dan Bank Kalsel Gelar Lomba Menarik

Reporter: Musnita SariEditor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner