Kalsel

Cegah Karhutla Meluas, BPBD Tala Bangun Pos Siaga Darurat Bencana

apahabar.com, PELAIHARI – Lantaran mulai terjadi kebakaran pada tiga titik lahan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)…

Featured-Image
Mulai ada titik api, BPBD Tala Bangun Posko Siaga Darurat. Foto-Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI - Lantaran mulai terjadi kebakaran pada tiga titik lahan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Laut (Tala)langsung bergerak dengan mendirikan Pos Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Posko tersebut didirikan dekat rest area atau SPBU Desa Gunung Raja. Lokasi ini kebetulan menjadi kawasan rawankarhutla, karena terdapat ratusan hektar lahan kosong yang ditumbuhi bundung dan galam.

Baca Juga: Mulai 1 Juli, BPBD Kalsel Siagakan 5 Posko Satgas Karhutla

Kepala Pelaksana BPBD Tala, M Kusri mengatakan, kawasan Desa Gunung Raja merupakan salah satu penyumbang titik api terbanyak saat musim kemarau tiba.

"Sengaja di tempatkan posko yang bekerja sama dengan pihak Kecamatan Tambang Ulang, mengingat kawasan ini sering terjadi karhutla," ujar Kusri, Senin (8/7/2019).

Penempatan Posko satgas karhutla tersebut, cukup beralasan. Mengingat sudah ada tiga kebakaran lahan yang muncul dalam dua minggu terakhir.

Minggu (7/7) sekitar pukul 16:40 Wita, terjadi kebakaran lahan di Desa Tambang Ulang, Kecamatan Tambang Ulang. "Api sempat membakar 0,24 hektare lahan, sebelum dipadamkan petugas Posko Induk BPBD Tala," katanya.

Sebelumnya, Minggu (30/6), kebakaran lahan terjadi di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari.

Api sempat menghanguskan lahan seluas 1,5 hektare. Pemadaman dilakukan TRC BPBD Tala dan Satpol PP dan Damkar Tala.

Titik api juga muncul di Desa Ujung Baru, Kecamatan Bati-Bati, Rabu (3/7) lalu. Api melalap 1 hektare lahan, sebelum dijinakkan BPBD Posko Bati-Bati dan BPK swasta.

Baca Juga: BPBD Batola Siaga Karhutla

Reporter: AHC14
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner