Kalteng

Bulog Barut Segera Luncurkan Program BPNT  

apahabar.com, MUARA TEWEH – Kabar baik bagi masyarakat Bumi Iya Mulik Bengkang Turan. Karena September 2019…

Featured-Image
Beras bulog. Foto-Republika

bakabar.com, MUARA TEWEH – Kabar baik bagi masyarakat Bumi Iya Mulik Bengkang Turan. Karena September 2019 Badan Urusan Logistik Kabupaten Barito Utara (Barut) akan meluncurkan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Program ini akan dibagikan kepada keluarga penerima manfaat yang sebelumnya sudah terdaftar melalui bantuan sosial.

Kepala Sub Divre Bulog Muara Teweh, Abdul Azis menerangkan, program bantuan sosial yang sebelumnya beras akan segera dihentikan pada Agustus 2019 ini, akan diganti dengan program BPNT.

Bantuan non tunai kepada keluarga menerima manfaat nanti cukup dengan menggunakan semacam kartu khusus yang dibelanjakan melalui e-warung yang ditunjuk oleh Bank yang sudah bekerja sama dengan Kementerian Sosial.

Saat ini,ada sekitar 41.020 keluarga yang akan menerima BPNT. Program BPNT ini akan disalurkan kepada masyarakat pada 9 kecamatan di Kabupaten Barut.

Para penerima nantinya akan dibuatkan rekening, kemudian dana ditransfer. Tapi untuk belanja disediakan e-warung yang sudah ada kerjasama dengan bank, dengan anggaran per orang Rp110 ribu.

Dana sebesar ini nanti bisa ditukarkan dengan cukup lima kilogram beras dan satu rak telor berjumlah 30 biji telor ayam."Kalau sebelumnya hanya 10 liter beras, akan tetapi nanti cukup lima kilogram saja, tetapi ada telor ayam," tambah Azis.

Azis juga memastikan seluruh keluarga penerima manfaat ini dapat disalurkan. Akan tetapi bagi wilayah yang masih belum ada jaringan telpon akan dicarikan solusi agar punya hak yang sama dengan penerima manfaat.

Sebab, katanya, dengan beberapa wilayah yang susah dijangkau alat komonikasi, sangat sulit penerapan seperti kartu khusus.

Baca Juga: Penjelasan Polisi Soal Tragedi Jumat Berdarah di Pangkalan Bun

Baca Juga: Jasad Nenek Sebatang Kara Ditemukan Membusuk di Kebun Karet

Baca Juga: Terkuak, Penyebab 'Raksasa Jalanan' Gencet Pengendara Motor hingga Tewas

Reporter: AHC17
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner