Tak Berkategori

Walau Diguyur Hujan, BPBD: Banjarmasin Tetap Aman

apahabar.com, BANJARMASIN – Hari ini, sinar matahari di atas kota Banjarmasin tertutup awan tebal yang membawa…

Featured-Image
Kala hujan turun, genangan air selalu muncul di Jalan AMD XII depan kantor Kelurahan Pemurus Dalam Banjarmasin Tengah seperti yang tampak pada Rabu (26/12) pagi. Foto-apahabar.com/Eddy

bakabar.com, BANJARMASIN – Hari ini, sinar matahari di atas kota Banjarmasin tertutup awan tebal yang membawa bulir-bulir air hujan. Hujan dengan intensitas sedang terus mengguyur seluruh wilayah kota sedari pagi.

Namun demikian, Kepala BPBD Kota Banjarmasin, Muhammad Hilmi memastikan belum ada ancaman banjir di sejumlah wilayah Kota Seribu Sungai.

“Meskipun diguyur hujan, tapi kita bersyukur karena sampai saat ini belum ada laporan yang masuk. Kita berharap juga semoga tidak ada,” ujar Hilmi saat dihubungi bakabar.com, sore tadi.

Kendati demikian, pihaknya menghimbau agar warga kota Banjarmasin tetap waspada, apalagi intensitas hujan berlangsung dari pagi hingga malam.

“Selain itu, ketika hujan turun, hindari beraktifitas di tempat-tempat rawan seperti di bawah pohon yang sangat rentan roboh dari tiupan angin. Dan jangan lupa selalu meningkatkan kebersihan lingkungan untuk menghindari tersumbatnya aliran air hujan yang bisa menyebabkan turunnya banjir,” sebutnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, BPBD kota Banjarmasin selalu siap siaga, dan jika bencana terjadi anggota akan langsung meluncur ke lokasi. “Anggota kita siap 24 jam,” tandasnya.

Sementara itu,berdasarkan catatan Dinas Sumberdaya Air dan Drainase kota Banjarmasin, sedikitnya terdapat 13 titik wilayah yang selama ini menjadi rawan banjir selama musim penghujan.

Ke-13 wilayah rawan banjir tersebut yakni Banjar Indah, Dahlia, Bumi Mas, Pekapuran, Teluk Tiram, Gunung Sari, Rawasari, Kampung Melayu, S Parman, Pramuka, Sultan Adam, Adhiyaksa, serta kawasan HKSN.

Sedangkan titik titik rawan genangan air biasanya terjadi di kawasan jalan Antasari, Jalan Jati, sekitar Pasar Ujung Murung dan Sudimampir, Jalan Kuripan dan beberapa kawasan lainnya.

Baca Juga:Pemukiman Warga Kotabaru Terendam Banjir, BPBD Pastikan Bukan Akibat Jebolnya Waduk Tirawan

Baca Juga:Tanah Bumbu Siaga, Banjir Mulai Merendam Rumah Warga!

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner