Kalsel

Tunda Evakuasi, Basarnas Tunggu Laporan Resmi Kepolisian Dugaan Korban Tenggelam di Sungai Andai

apahabar.com, BANJARMASIN – Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Banjarmasin masih ‘ragu’ menurunkan pasukan Search…

Featured-Image
Di sungai ini Rahman diduga tenggelam. Foto-apahabar.com/Eddy Andrianto

bakabar.com, BANJARMASIN – Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Banjarmasin masih ‘ragu’ menurunkan pasukan Search and Rescue (SAR) dugaan korban tenggelam atas nama Rahman (60) di Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara.

“Itu diduga peristiwa tiga hari lalu. Kemudian, juga tak ada saksi yang menguatkan peristiwa tersebut,” ucap Kepala Basarnas Banjarmasin, Mujiono kepadabakabar.com, Senin (24/6) sore.

Harusnya, kata dia, pihak keluarga secepatnya melaporkan kepada aparat kepolisian selama 1×24 jam, sehingga kepolisian bisa memastikan yang bersangkutan tenggelam ke sungai atau hanya sekedar berpergian ke luar rumah tanpa adanya kata pamit kepada pihak keluarga.

“Ya kita sudah siapkan pasukan. Namun, masih menunggu keterangan dari kepolisian apakah yang bersangkutan benar-benar tenggelam,” tegasnya.

Ketika tak ada keterangan kepolisian yang memastikan korban tenggelam, sambung dia, maka akan kesusahan saat melakukan proses evakuasi lantaran belum pastinya tempat kejadian perkara.

Sebelumnya, warga Purnama Permai 2 RT 60, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara itu diduga diduga tenggelam di Sungai Awang yang terletak di belakang rumahnya.

Korban yang awalnya diketahui berada di rumah Sabtu (22/6) pagi sekitar pukul 07.00 WITA, hingga kini tak kembali ke kediamannya.

Lelaki paruh baya tersebut terakhir terlihat menggunakan baju berwarna coklat dan celana boxer pendek.

Menurut keterangan petugas BPBD kota Banjarmasin, Hanafi mengatakan, korban pada, Sabtu, 22 Juni 2019 sekitar pukul 07.00 WITA diketahui sudah tidak ada di rumah dengan posisi pintu belakang terbuka. Ironisnya, korban memiliki riwayat penyakit stroke selama kurang lebih 4 tahun yang lalu.

Lelaki renta itu diduga tenggelam di sungai yang berada tepat dibelakang rumah. Warga pun kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada petugas.

"Dugaan sementara, korban tenggelam di sungai yang berbatasan langsung dengan rumah korban," lanjut pria berperawakan langsing tersebut.

Mendapatkan laporan tersebut, satu tim Rescue dan TRC dari BPBD Kota Banjarmasin bersama relawan langsung meluncur ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian.

"Pagi ini kami akan lakukan pencarian, sasaran pencarian ke Sungai Awang dulu kita sisir. Peralatan yang dibawa meliputi perahu fiber dan peralatannya. Semoga korban dapat segera ditemukan," pungkasnya.

Baca Juga: Hilang Sejak 3 Hari, Kai Rahman Diduga Jatuh ke Sungai Awang

Baca Juga: Bupati HSS Kunjungi Majelis Raudhatul Ghana Annabawiyah

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner