Tak Berkategori

Tak Kunjung Diperbaiki, Kerusakan Jalan Murung Binjai Makin Parah

apahabar.com, PARINGIN – Kerusakan jalan sepanjang 4 km di Murung Binjai, Desa Kusambi Hulu, Kecamatan Lampihong,…

Featured-Image
Jalan Murung Binjai rusak parah. Foto-Istimewa

bakabar.com, PARINGIN - Kerusakan jalan sepanjang 4 km di Murung Binjai, Desa Kusambi Hulu, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan hingga kini belum ada tanda akan diperbaiki.

Tentu saja rusaknya fasilitas umum itu dikeluhkan warga. Padahal jalan tersebut merupakan akses perekonomian dan pendidikan warga setempat. Namun selama ini terkesan dibiarkan PemerintahBalangan.

Jaini, Ketua RT 4 Desa Kusambi Hulu mengatakan, dirinya yang biasa melintas di jalan tersebut mengaku kecewa. Sebab sudah bertahun-tahun tidak ada perbaikan. Sehingga, tidak sedikit warga setempat mencari jalan alternatif untuk menghindari jalan rusak tersebut.

“Belum pernah ada perbaikan dalam beberapa tahun ini. Warga kadang gotong royong untuk memperbaiki jalan ketika jalan kering. Namun saat musim hujan kondisi jalan licin, becek, dan berlumpur, sehingga sangat sulit untuk dilintasi," ujarnya

Sementara Sulihah Kepala Desa Kusambi Hulu berdalih jika jalan rusak tersebut bukan kewenangan pihaknya. Diungkapnya jika jalan tersebut adalah jalan tanggung jawab kabupaten.

“Jalan ini bukan wewenangnya kami, karena sudah masuk jalan kabupaten. Untuk perbaikan rencana akan ada oleh pihak kabupaten,” ucap Sulihah saat dikonfirmasi.

Cecep Ruswantoro, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Balangan mengatakan, kalau pihaknya akan memprogramkan pembukaan kembali dan peningkatan jalan tersebut.

"Namun karena keterbatasan dana, sebelumnya kami tidak sempat memprogramkan,” sambung Cecep.

Tahun ini, ujarnya, ada alokasi dana kurang lebih Rp6 miliar untuk peningkatan jalan ini. Tetapi dengan dana tersebut diyakini masih belum tuntas.

"Mudahan tahun mendatang ada cukup dana sehingga kami bisa melanjutkan untuk menuntaskan perbaikan jalan sesuai keinginan masyarakat," tutupnya

Baca Juga: Kadis PUPR Tanah Bumbu Tinjau Jalan Rusak di Tiga Kecamatan

Reporter: Ahc08
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner