Tak Berkategori

Sepeda Motor Dominasi Arus Mudik

apahabar.com, BANJARMASIN – Pada Lebaran tahun ini, mayoritas masyarakat Kalimantan Selatan lebih memilih mudik menggunakan kendaraan…

Featured-Image
Mudik dengan sepeda motor. Foto-Okezone.news

bakabar.com, BANJARMASIN – Pada Lebaran tahun ini, mayoritas masyarakat Kalimantan Selatan lebih memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

Hal tersebut diperoleh bakabar.com dari data hasil monitoring Balai Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) XV Wilayah Kalimantan Selatan.

Dari data tersebut, untuk mayoritas kendaraan yang lewat pada lebaran tahun ini, masih didominasi kendaraan roda dua, sebanyak 1.082.750 unit. Kemudian diikuti oleh mobil pribadi, 678.350 unit.

“Sekitar 60 persen kendaraan roda dua dan mobil pribadi sekitar 30 persen, kemudian sisanya angkutan umum dan angkutan barang,” kata Ardono Kabalai BPTD XV Wilayah Kalsel.

Baca Juga:Jalan Balangan Basah, Pemudik Wajib Waspada

Sedangkan untuk total kendaraan yang lalu lalang dari H-7 hingga H+7 lebaran, di 5 titik posko pantauan oleh BPTD XV Wilayah Kalsel, sebanyak 1.997.737 unit.

Kebanyakan masyarakat lebih memilih menggunakan sepeda motor dikarenakan ongkos yang lebih ekonomis dan lebih praktis untuk berpergian di kampung halaman.

Ardono juga menilai, hal tersebut juga dipengaruhi oleh wilayah topografi Kalsel yang jarak antar kotanya tidak terlalu jauh dan hanya bisa dicapai dengan hitungan jam karena lintasan jalan yang sudah nyaman dan mulus untuk dilewati.

Padahal angka kecelakaan di Indonesia terkhusus di Kalsel sendiri, juga didominasi oleh kendaraan roda dua, dikarenakan kebanyakan masyarakat yang masih belum sadar dengan keselamatan diri dalam berkendara.

Lantas, dikatakannya bahwa hal tersebut menjadi pekerjaan rumah bagi provinsi Kalsel agar bisa menyediakan mobil angkutan yang lebih nyaman dalam pelayanan dan berkeselamatan serta bisa bersaing dengan kendaraan pribadi. Agar hal tersebut bisa menekan angka kemacetan dan kecelakaan di wilayah kalsel.

Baca Juga:Mudik 2019 Lancar, Masyarakat Banua Apresiasi Kinerja Polisi

Reporter: AHC07
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner