Tak Berkategori

Sebulan, 9 Kebakaran Melanda Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Musibah kebakaran marak terjadi belakangan ini. Mengutip data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)…

Featured-Image
Petugas Damkar tengah mengevakuasi 3 penghuni ruko yang terjebak pada kebakaran, akhir Januari 2019. Dok. apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Musibah kebakaran marak terjadi belakangan ini. Mengutip data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, 9 kebakaran permukiman terjadi Kota Seribu Sungai dalam kurun waktu sebulan.

Dari musibah tersebut, 29 kepala keluarga dan 97 jiwa kehilangan tempat tinggal. Tercatat 20 buah rumah rusak total, 3 buah rumah rusak berat, dan 3 buah rumah rusak ringan. Untuk kerugian akibat musibah tersebut, ditaksir mencapai miliaran rupiah.

“Kerugian sekitar 1.256.080.000, itu belum termasuk kebakaran yang ada di jalan Veteran dan minimarket pom bensin Jafri Zam-Zam,” ungkap Kepala BPBD Kota Banjarmasin M Hilmi kepada apahabar com, Selasa (18/6) siang.

Kebakaran tersebut terjadi 2 kali di kawasan Banjarmasin Selatan, 2 kali di Banjarmasin Utara, 2 kali di Banjarmasin Tengah, 1 kali di Banjarmasin Timur dan 1 kali di Banjarmasin Barat.

Melihat tingginya angka musibah kebakaran di Kota Banjarmasin, M. Hilmi mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kebakaran. Selalu mengontrol kompor minyak atau pun kompor gas, periksa regulatornya pastikan sudah terpasang baik.

Kemudian, dikatakannya juga untuk memeriksa alat-alat yg berhubungan dengan listrik seperti lampu, kipas angin, dispenser, AC dan lain-lain.

“Pastikan kalo kita meninggalkan rumah dalam keadaan yang aman dan yang penting cek instalasi listrik kita kalo sudah kedaluwarsa supaya diganti dengan yang standar PLN,” paparnya.

Baca Juga:Kebakaran Veteran, Dinsos Kalsel Salurkan Bantuan Ratusan Juta

Baca Juga:Dini Hari, Api Membara di Kantor SPBU Teluk Dalam

Reporter: AHC07
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner