Tak Berkategori

Kreatif, BPJS Barabai Bagi-Bagi Kaos untuk Ingatkan Iuran

apahabar.com, BARABAI – Iuran peserta merupakan salah satu komponen penting dalam kesinambungan Program Jaminan Kesehatan JKN-KIS….

Featured-Image
Para pengayuh becak di seputaran Lapangan Dwi Warna Barabai mendapatkan kaos dari BPJS Barabai. Foto-apahabar.com/Hawari

bakabar.com, BARABAI – Iuran peserta merupakan salah satu komponen penting dalam kesinambungan Program Jaminan Kesehatan JKN-KIS.

Tunggakan iuran peserta merupakan salah satu tantangan yang dihadapi BPJS Kesehatan saat ini. Untuk itu berbagai terobosan agar selalu mengingatkan peserta rutin membayar iuran tepat waktu terus digalakkan oleh BPJS Kesehatan.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar iuran, BPJS Kesehatan Cabang Barabai di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) membagikan kaos pengingat pembayaran iuran kepada puluhan tukang becak di Barabai.

Menurut Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Barabai Erny Anita, kegiatan ini ditujukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus kegiatan berbagi kepada tukang becak pada Rabu (12/06).

Erny berharap, masyarakat yang melihat kaos tersebut dapat tergugah untuk selalu membayar tepat waktu.

"Harapan kami, masyarakat semua selalu ingat untuk membayar iuran sebelum tanggal 10 setiap bulannya," kata Erny.

Erny menambahkan saat ini channel pembayaran di HST hampir dapat diakses di setiap kanal pembayaran. Di antaranya di Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, Kantor Pos dan PPOB yang tersebar hampir di setiap kecamatan.

Untuk pembayaran di bank, kata Erny tentu saja meliputi pembayaran melalui fasilitasnya seperti di ATM termasuk agen channel pembayarannya.

“Dengan tersebarnya channel pembayaran yang ada, masyarakat akan semakin mudah untuk melakukan pembayaran,” kata Erny.

Untuk Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Peserta Mandiri yang baru mendaftar, lanjut Erny kini disyaratkan untuk mendaftarkan auto debit pembayaran iurannya saat proses pendaftarannya.

Sedangkan untuk peserta mandiri yang telah terdaftar, dapat mengajukan auto debit di Kantor BPJS Kesehatan terdekat atau dapat langsung mendaftar di bank secara langsung.

"Dengan auto debit, peserta kian praktis dan tidak perlu lagi khawatir kelupaan untuk membayarkan iurannya," jelas Erny.

Didi Dermawan (47) salah seorang tukang becak yang menerima kaos tersebut merasa senang atas kaos yang diberikan secara cuma-cuma oleh BPJS Kesehatan.

Dirinya menganggap pemberian tersebut membawa arti baginya beserta teman-teman yang lain.

"Baju seperti ini, terpakai sekali untuk kami," ucap Didi.

Baca Juga: Cegah Kecurangan, Simak Siasat BPJS Barabai

Baca Juga: BPJS Barabai Terapkan Sistem Sidik Jari

Reporter: AHC 11
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner