Sport

Kans Ferdiansyah Jalani Debut Liga 1 2019 Bersama Barito

apahabar.com, BANJARMASIN – Nama Ferdiansyah tidak begitu familiar di telinga suporter Barito Putera. Namun pemain asal…

Featured-Image
Ferdiansyah sewaktu berlatih bersama skuat Barito Putera di Stadion 17 Mei Banjarmasin. Foto-Instagram/psbaritoputeraofficial

bakabar.com, BANJARMASIN – Nama Ferdiansyah tidak begitu familiar di telinga suporter Barito Putera. Namun pemain asal Jakarta berusia 19 tahun ini memiliki kans menjalani debut perdananya bersama Laskar Antasari di pekan kelima Shopee Liga 1 2019.

Ferdiansyah termasuk masuk dalam 20 pemain yang diboyong menghadapi PSIS Semarang di Stadion Mochammad Soebroto, Magelang, Minggu (30/06/2019) besok.

Baca Juga: Alasan Pelatih Kiper Barito Tak Bawa Yoo Jae Hoon Hadapi PSIS

Sejatinya bukan kali pertama Wonder kid yang berposisi di sebagai pemain penyerang sayap ini turut serta dalam rombongan. Semasa kepelatihan Jacksen F Tiago, ia juga di bawa dalam tur menghadapi Bhayangkara FC.

Hanya saja, belum mendapat kesempatan bermain di laga yang dimenangi Bhayangkara FC itu dengan skor 4-2. “Alhamdulillah pasti seneng dan bersyukur diberi kepercayaan tim pelatih masuk dalam 20 pemain yang di bawa ke Semarang,” ujar Ferdiansyah kepada bakabar.com via Whattsapp, Sabtu (29/06/2019).

Kini adanya perpindahan dari kursi pelatih ke Yunan Helmi, kansnya terbuka lebar. Apalagi Yunan telah menyiapkan sang pemain jika kondisinya lebih baik.

Itu terlihat pada sesi terakhir Barito di Stadion 17 Mei Banjarmasin, tempo hari. Ferdiansyah disiapkan Yunan dalam skema permainan menghadapi PSIS nanti.

Baca Juga: Tanpa Yoo Jae Hoon, Ini 20 Pemain Barito yang Diboyong ke Semarang

Jika Jacksen condong menempatkan sang pemain di bek sayap, maka Yunan melihat Ferdiansyah ke posisi gelandang bertahan.

Mengingat jika selama ini Bayu Pradana mengisi pos untama gelandang bertahan, sedang menjalani perawatan pasca cedera, dan diperkirakan baru sembuh Agustus mendatang, maka Yunan harus memilih pemain yang pas di posisi tersebut.

Pastinya tak mudah bagi Ferdiansyah menempati posisi utama. Karena Yunan juga menyiapkan pemain asing Lucas Silva di posisi gelandang bertahan. Pemain asing asal Brasil itu kini bukan lagi sebagai bek tengah. Saat latihan terakhir, Yunan mendorongnya ke depan.

Di sisi lain, posisi gelandang bertahan yang ditinggal Bayu itu kerap diisi Paulo Oktavianus Sitanggang. Maka, dengan demikian, Ferdiansyah harus bersaing dengan dua pemain tersebut.

Baca Juga: Status Yunan di Timnas U-23

"Ada banyak opsi sebenarnya, tergantung situasi dan kesiapan si pemain sendiri. Kita masih punya Ady setiawan dan pemain muda Ferdiansyah yang bisa bermain di posisi itu," kata Yunan usai latihan terakhir di Banjarmasin, tempo hari.

Kendati demikian, kans untuk jadi pemain tetap terbuka, setidaknya sebagai pemain pengganti sebagai awalnya. Mengingat dalam beberapa laga terakhir, baik Lucas Silva dan Paulo kerap ditarik keluar di babak kedua.

Ferdiansyah sendiri bertekad membuktikannya kemampuannya bahwa dirinya layak diandalkan. Sekali pun tak mendapat posisi aslinya sebagai penyerang sayap.

“Posisi asli saya di penyerang sayap, tapi waktu kemarin sama coach Jacksen saya main di bek sayap. Tapi semenjak coach Yunan jadi pelatih kepala, waktu latihan saya sering ditaroh di posisi gelandang bertahan,” pungkas Ferdiansyah.

Baca Juga: Barito Simulasi Serangan, 20 Pemain Disiapkan Hadapi PSIS

Pada laga ini, Yunan akan menjalani debutnya sebagai pelatih baru Barito Putera. Ia pun bertekad memberikan kemenangan perdana Laskar Antasari di Liga 1 2019. Dengan harap dapat mendongkrak posisi Rizky Pora dkk di dasar klasemen.

Reporter: Ahc10
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner