Tak Berkategori

Jelang Pilgub Kalsel 2020, Mungkinkah Paman Birin Melawan Kotak Kosong?

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel) tinggal menghitung bulan. Sejauh ini, belum ada…

Featured-Image
Gubernur H Sahbirin Noor. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel) tinggal menghitung bulan. Sejauh ini, belum ada Tokoh Banua yang berani menantang terang-terangan Sang Setahana, Sahbirin Noor di atas panggung kontestasi politik Pilgub 2020 mendatang.

Mungkinkah Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golkar Kalsel itu akan bertarung melawan kotak kosong?

Pengamat Politik dan Kebijakan Publik FISIP ULM, Samahudin Muharram menilai apabila melihat hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Presiden 2019, seharusnya ada figur baru yang muncul melawan sang incumbent.

Baca Juga: Dihibur Mamanda, Serunya Sahur Bareng Jurnalis ala Paman Birin

“Namun, sampai menit ini belum terlihat figur yang akan menantang Sahbirin Noor. Padahal, tahapan Pilgub pasca Pilpres sudah bergulir,” ucap Samahudin kepada bakabar.com, Minggu (2/6).

Menurutnya, ada beberapa Parpol yang memiliki kursi signifikan untuk menantang Paman Birin. Sayangnya, tidak ada figur yang mampu didorong.

Walaupun terdapat beberapa figur yang dinilai mempunyai berpotensi dan memiliki peluang besar, seperti Mardani H Maming dengan perolehan kursi PDI Perjuangan di DPRD Provinsi maupun Kabupaten atau Kota yang signifikan.

“Tapi sampai hari ini belum ada gerakan kalau Mardani H Maming mau maju,” cetusnya.

Kemudian, tokoh lainnya seperti H. Muhidin juga dinilai memiliki peluang dengan melihat kursi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPRD Kalsel maupun kabupaten atau kota. Tapi, Muhidin juga terlihat adem.

Baca Juga: Awan Subarkah Berharap Ada Penyegaran Posisi di Komisi

Selain dua nama tokoh di atas, muncul juga Rudi Resnawan yang diprediksi akan maju sebagai Gubernur Kalsel. Akan tetapi, Rudi Resnawan tak memiliki partai politik, sehingga dinilai agak susah untuk mendapatkan kendaraan politik.

Terakhir, Partai Gerindra juga memiliki peluang untuk menantang sang Petahana. Mengingat, Gerindra berhasil memenangkan pasangan presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi di Kalsel. Sayangnya, tak ada figur yang bisa didorong di internal partai politik.

“Kalau melihat kekuatan petahana dengan gaya kepemimpinan yang merakyat dan sederhana, memang penantang mungkin masih berpikir untuk memunculkan dirinya maju pada Pilgub 2020,” tegas Mantan Ketua KPU Kalsel ini.

Menariknya, tambah dia, justru yang akan ramai nanti adalah polemik terkait siapa yang akan menjadi Wakil Gubernur mendampingi Paman Birin.

“Bisa jadi dari tokoh-tokoh Parpol, seperti H. Muhidin dan lainnya. Saya kira tokoh-tokoh ini punya peluang kalau melihat perolehan kursi di DPRD,” cetusnya.

Baca Juga: Hasil Audit LPPDK, Caleg Terpilih Siap-siap Huni Rumah Wakil Rakyat

Sehingga, berkemungkinan diprediksi Sang Petahana akan melawan kotak kosong di Pilgub 2020 mendatang.

“Kemungkinan (Melawan kotak kosong, red) itu bisa saja terjadi,” tutup Samahuddin.

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner