Tak Berkategori

Besok Manasik Massal Calon Haji Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Persiapan penyelenggaraan Haji 2019 di Kalimantan Selatan sudah memasuki tahap ketiga. Kepala Seksi…

Featured-Image
Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji Banjarmasin, H Burhan Noor. Foto-apahabar.com/AHC09

bakabar.com, BANJARMASIN - Persiapan penyelenggaraan Haji 2019 di Kalimantan Selatan sudah memasuki tahap ketiga. Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji Banjarmasin, H Burhan Noor mengatakan, sebanyak 681 calon Jemaah haji asal Banjarmasin dipastikan akan berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

"Jumlah sampai pelunasan Badan Pelayanan Haji Indonesia (BPIH) tahap ketiga ditambah cadangan untuk Banjarmasin ada 681, yang insya Allah akan berangkat tahun ini," ucap Burhan kepadabakabar.com, Selasa (18/6) pagi.

Untuk selanjutnya yaitu adalah tahapan persiapan Manasik Haji. Dengan total sepuluh kali pelaksanaan, terdiri dari dua kali Manasik Massal dan delapan Manasik tingkat KUA Kecamatan.

"Untuk Manasik Massal dimulai besok (19/6), bertempat di Aria Barito Hotel," sebutnya

Burhan menyebut jamaah tertua dari Banjarmasin berusia 93 tahun, sedangkan jamaah termuda berusia 18 tahun."Insya Allah dalam kondisi keadaan yang sehat dan siap," tegasnya

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi telah memberi tambahan kuota haji untuk Indonesia sebanyak 10 ribu. Kalsel sendiri mendapatkan jatah sebanyak 324 orang. Total 3831 jamaah akan terbagi dalam 19 kloter keberangkatan.

Dengan adanya penambahan kuota tersebut, Burhan mengaku belum bisa memastikan perihal jadwal keberangkatan. Namun untuk tahapan Manasik tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang ada.

"Saat ini kita belum menerima secara resmi mengenai jadwal pemberangkatan baik kloter satu maupun kloter berikutnya," akunya.

Pembagian kloter telah dilakukan melalui metode Qur'ah atau undian. Untuk Kota Banjarmasin, terbagi menjadi tujuh kloter.

"Banjarmasin terbagi menjadi beberapa kloter yaitu kloter 1, 9, 12, 14, 16, 17, 19," sebutnya.

Secara terpisah, pihak Aria Barito Hotel mengkonfirmasi pelaksanaan Manasik Massal akan digelar besok pagi.

Baca Juga: Kemenkumham RI Kekurangan 3000 Tenaga Pembimbing Kemasyarakatan

Baca Juga: Sebulan, 9 Kebakaran Melanda Banjarmasin

Reporter: AHC09
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner