Tak Berkategori

Banjir di Kaltim, Ribuan Jiwa Mengungsi

apahabar.com, SAMARINDA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim melaporkan, sebanyak 2.300 jiwa lebih mengungsi akibat…

Featured-Image
Tim Basarnas Balikpapan (Kaltimra) mengevakuasi korban banjir di Kota Samarinda. Foto-Basarnas

bakabar.com, SAMARINDA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim melaporkan, sebanyak 2.300 jiwa lebih mengungsi akibat banjir yang melanda Samarinda, Tenggarong, Bontang, Sangatta dan sejumlah daerah sejak Minggu (9/6).

“Kita sangat prihatin dengan musibah banjir yang melanda beberapa daerah di Kaltim. Saya berharap masyarakat tetap tabah menghadapi cobaan ini,” kata Gubernur Kaltim Isran Noor usai memimpin apel hari pertama masuk kerja kerja pascalibur cuti Hari Raya Idulfitri 1440 H di halaman Kantor Gubenur Kaltim, Senin (10/6), dikutip bakabar.com dari laman resmi Humas Pemprov Kaltim.

Masih dari data BPBD, korban banjir yang belum mengungsi diperkirakan mencapai lebih dari dua ribu jiwa. Secara keseluruhan korban banjir kali ini diprediksi mencapai lebih 5 ribu jiwa.

Sejauh ini, Isran mengaku sudah berkoordinasi dengan para bupati/wali kota terdampak banjir untuk melakukan langkah-langkah antisipasi dan penanganan bantuan dan evakuasi korban serta mendirikan dapur umum.

Curah hujan yang tinggi dan terjadinya pendangkalan Sungai Karang Mumus, Sungai Karang Asam dan Sungai Air Putih diperkirakan menjadi penyebab banjir.

Gubernur memprediksi pendangkalan dari ketiga sungai tersebut sudah mencapai 75 hingga 80 persen.

Melalui Satpol PP Kaltim, Dinas Sosial dan BPBD, Pemprov Kaltim juga memberikan bantuan kepada para korban, bekerja sama dengan instansi tehnis dan para relawan.

Baca Juga:Pasca Cuti Bersama, ASN Pemprov Langsung Dites Urine

Baca Juga:Samarinda Masih Dikepung Banjir, Ribuan Jiwa Terdampak

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner